Berita Muara Enim untuk Rakyat

Sebanyak 79 Pelajar SMP dan SMA Ramaikan Gernas di Muara Enim

Gernas bertujuan meningkatkan pengetahuan siswa tentang gizi seimbang pada remaja.

Editor: Sri Hidayatun
Humas Pemkab Muaraenim
Gerakan Nasional Aksi Bergizi Tingkat Kabupaten Muara Enim dipusatkan di SMA Negeri 1 Muara Enim. Kegiatan ini diikuti siswa SMP, SMA dari 79 sekolah se Kabupaten Muara Enim. 

TRIBUNSUMSEL.COM,MUARAENIM - Gerakan Nasional Aksi Bergizi tingkat Kabupaten Muara Enim dipusatkan di SMA Negeri 1 Muara Enim, Rabu (26/10/2022).

Kegiatan ini diikuti siswa SMP dan SMA dari 79 sekolah dan juga diikuti secara serentak oleh 22 Puskesmas di 22 kecamatan se Kabupaten Muara Enim.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muara Enim Irawan Supmidi mengatakan, Gernas bertujuan meningkatkan pengetahuan siswa tentang gizi seimbang pada remaja.

Kemudian meningkatkan kepatuhan remaja putri mengkonsumsi tablet tambah darah dan meningkatkan minat remaja melakukan aktivitas fisik 60 menit setiap hari.

Selanjutnya mengkonsumsi buah dan sayur serta meningkatkan kemampuan hidup sehat peserta didik sehingga dapat belajar tumbuh dan berkembang secara harmonis dan optimal.

Baca juga: Hebat, Kopi Semendo Muara Enim Melenggang ke Pameran Ekonomi Kreatif di Presidensi G20

Dikatakan, pola hidup sehat yang disoundingkan dalam Gernas ini bertujuan untuk menekan kasus stunting di Kabupaten Muara Enim.

Disebutkan, Kabupaten Muara Enim meraih predikat terbaik dalam menangani kasus stunting di kabupaten dan kota se Sumsel.

"Melalui Germas Aksi Bergizi ini, mari bersama-sama memerangi stunting dan menyukseskan Gerakan Nasional Aksi Bergizi," ajak Irawan.

Kadinkes Muara Enim dr Eni Zatila mengatakan, Gernas Aksi Bergizi bertujuan meningkatkan kesadaran remaja usia sekolah membiasakan mengkonsumsi tablet tambah darah, khusus bagi remaha putri.

Kemudian konsumsi gizi seimbang dan aktifitas fisik serta mengisi aplikasi CERIA bersama.

Kegiatan juga diisi dengan sesi edukasi melalui permainan interaktif.

Gernas dilaksanakan dengan tiga intervensi utama. Yaitu senam pagi, sarapan dan minum tablet tambah darah.

Edukasi gizi yang bersifat multi-sektor dengan tujuan mempromosikan asupan makan yang sehat yang diintegrasikan dengan TRIAS UKS, yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sehat.

Baca berita lainnya langsung dari google news

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved