seputar islam

Nama-nama Lain Alquran Ada 55 Nama, Berikut Penjelasannya Lengkap dengan Dalil dan Artinya

Dinamakan dengan nama Alquran karena merupakan bacaan yang di dalamnya terkumpul hal-hal yang berkaitan dengan kisah, perintah, larangan, ayat, surah.

Penulis: Lisma Noviani | Editor: Lisma Noviani
freepix.com
Nama-nama lain Alquran Ada 55 nama, berikut penjelasannya lengkap dengan dalil dan artinya 


TRIBUNSUMSEL.COM -- Nama-nama lain Alquran Ada 55 nama, berikut penjelasannya lengkap dengan dalil dan artinya.

Tahukah Anda terutama umat muslim? Alquran memiliki nama lain. Jumlahnya sedikitnya ada 55 nama.

Dikutip dari kemenag. go.id, disebutkan dalam kitab Khozinatul Asror karya Syekh Sayyid Muhammad Haqqy An-Nazily, Alquran memiliki 55 nama dengan berbagai alasan pemilihan nama tersebut.

Penjelasan ini juga telah dijelaskan dalam Kitab al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an, karya Syekh Jalaluddin al-Suyuthi, Abu al-Ma’aliy ‘Uzaiziy ibn ‘Abd al-Malik atau yang lebih dikenal dengan nama Syaidzalah.

Berikut nama-nama lain Alquran beserta artinya, dikutip dari laman resmi kemenag.goid, lengkap dengan dalil dan dasar Alquran untuk penamaannya:

1. Kitab

Nama Alquran yang pertama yaitu “al-Kitab”, karena di dalamnya terkumpul dan terhimpun berbagai ilmu pengetahuan, kisah-kisah terdahulu, dan Akhbar. Hal ini dikarenakan makna bahasa dari Kitab adalah menghimpun (al-Jam’u). Sebagaimana dalam Q.S. al-Dukhan [44] ayat 2:

“Demi Kitab (Al-Qur’an) yang jelas”

2. Mubin

Penamaan Alquran dengan nama “al-Mubin” dikarenakan fungsi Al-Qur’an adalah memperjelas yang hak dari yang batil. Sebagaimana telah disebutkan dalam kutipan ayat pada nama Al-Quran sebelumnya.

3. Alquran

Dinamakan dengan nama Alquran karena merupakan bacaan yang di dalamnya terkumpul hal-hal yang berkaitan dengan kisah, perintah, larangan, ayat, surah, dan lain sebagainya. Sebagaimana dalam Q.S. al-Qiyamah [75] ayat 17:

“Sesungguhnya Kami yang akan mengumpulkannya (di dadamu) dan membacakannya”

4. Karim

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved