Berita Nasional

Gaji Rp 35 Juta Tapi Belanja Bulanan Rp 600 Juta, Giliran Rekening Gendut Ferdy Sambo Bakal Diungkap

Hal ini menjadi sorotan, karena gaji Ferdy Sambo yang hanya Rp 35 jutaan namun bisa memenuhi belanja bulanan yang mencapai Rp 600 juta.

Editor: Slamet Teguh
Tribunnnews.com
Gaji Rp 35 Juta Tapi Belanja Bulanan Rp 600 Juta, Kini Rekening Gendut Ferdy Sambo Bakal Diungkap 

TRIBUNSUMSEL.COM - Persidangan Ferdy Sambo atas kasus pembunuhan Brigadir J kini mengungkap banyak hal.

Yang terbaru ialah dugaan soal rekening gendut yang dimiliki oleh Ferdy Sambo.

Hal ini menjadi sorotan, karena gaji Ferdy Sambo yang hanya Rp 35 jutaan namun bisa memenuhi belanja bulanan yang mencapai Rp 600 juta.

Kini, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo didesak mengusut rekening gendut milik Ferdy Sambo. Desakan pengusutan rekening Yosua atas dugaan hal yang tidak wajar. 

Pakar Hukum Pidana Asep Iwan Iriawan mengatakan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo harus berani mengatasi persoalan rekening gendut jajarannya termasuk bekas anggota Polri, Ferdy Sambo.

Hal tersebut disampaikan Pakar Hukum Pidana Asep Iwan Iriawan dalam Breaking News KOMPAS TV, Senin (28/11/2022).

“Ini harus diungkap ya, ini rekening-rekening gendut yang tidak jelas, yang sekarang kan polisi, Pak Kapolri menyatakan mau bersih-bersih kalau enggak mau ikut gerbong ya dipinggirkan,” ujar Asep.

“Saya kira, Pak Kapolri harus membuka juga ini, jangan sampai nanti isunya liar lagi kan, dikait-kaitkan dengan persoalan lain,” ujar Asep.

Pasalnya, kata dia, tidak masuk akal Ferdy Sambo dengan jabatan Kadiv Propam Polri yang gajinya Rp 34 juta punya dana taktis hingga Rp600 juta.

“Kok uang segede itu disimpan atas nama orang lain, nggak masuk SPT, nggak masuk LHKPN, dari mana?” kata Asep.

Apalagi, lanjut Asep, ada bukti permulaan yang cukup kuat untuk mengungkap benar atau tidak Ferdy Sambo memiliki rekening gendut.

Yakni, dari rekening atas nama Brigadir Pol Nofriansyah Yosua Hutabarat yang diklaim Ferdy Sambo sebagai uang miliknya di persidangan.

“Dari rekening alamarhum J itu justru bukti permulaannya sudah kuat sekali. Bahwa di situ ada tindak pidana-tindak pidana yang tidak hanya satu, dua, tiga, empat, lima tapi lebih ya dari beberapa tindak pidana, kalau itu tidak ditindaklanjuti, ya saya kira publik akan kecewa,” ucap Asep.

Sebelumnya di persidangan, Ferdy Sambo mengklaim uang yang berada di rekening BNI atas nama Brigadir Pol Nofriansyah Yosua Hutabarat dan Ricky Rizal Wibowo adalah miliknya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved