Arti Kata Bahasa Arab

Arti Hayya Ala shalah, Hayya Alal Falah Lafadz Adzan, Filosofi Mengajak Umat Patuh dan Hidup Sukses

Hayya Alashalah mengandung arti: mari kita mengerjakan shalat. Hayya Alal falah mengandung arti: mari menuju kemenangan/kejayaan/kesuksesan.

Penulis: Lisma Noviani | Editor: Lisma Noviani
tribunsumsel grafis/khoiril
Arti Hayya alasholah, Hayya alal Falah pada Lafadz Adzan, Filosofi Mengajak Umat Patuh dan Hidup Sukses 

TRIBUNSUMSEL.COM --Arti Hayya alasholah, Hayya alal Falah pada lafadz Adzan, filosofi mengajak umat patuh dan hidup sukses.

Hayya Alashalah, Hayya alal falah adalah bagian dari lafaz-lafaz saat azan dikumandangkan. Azan atau adzan merupakan panggilan bagi umat muslim sebagai penanda waktunya untuk menunaikan kewajiban salat fardu.
Azan dikumandangkan oleh seorang muadzin setiap salat lima waktu.

Apa arti kalimat hayya alashalah, hayya alal falah? Apakah makna dan filosofinya? Berikut penjelasannya.

Hayya Alashalah mengandung arti: mari mengerjakan shalat.

Hayya Alal falah mengandung arti: mari menuju kemenangan/kejayaan/kesuksesan.

Di dalam azan memang kental dengan lafaz-lafaz yang digunakan untuk mengingatkan dan mengajak orang-orang untuk melaksanakan shalat.

Azan adalah seruan dan undangan bagi seorang muslim untuk melaksanakan shalat yang merupakan bagian dari rukun Islam.

Lalu apa makna dari hayya alal falah yang berarti mari menuju kemenangan/kesuksesan atau kejayaan?

Ustada Sukardi SThI, fasilitator paham qurani, yang juga ketua Forum Kader Posyandu Indonesia (FKPI) Sumsel mengatakan makna mari melaksanakan shalat dan mari menuju kemenangan/kejayaan/kesuksesan tersebut adalah Allah mengajak manusia tunduk dan patuh dan bertebaran berbuat baik dan berusaha dalam hidupnya setelah melaksanakan shalat.

Firman Allah SWT

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ، فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللهِ وَاذْكُرُوا اللهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

“Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jumat, maka bersegeralah kalian kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (QS. Al-Jum’ah, ayat 9-10)


"Kalimat hayya alal falah yang tersemat dalam panggilan adzan  merupakan ajakan untuk sukses. Kesuksesan di sini termasuk dalam ibadah, sukses sebagai makhluk sosial, berkarir maupun berusaha," katanya. Wallahualam bishawabi.

 

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved