Berita PLN Insight

PLN Buktikan Transformasi Berbuah Manis Lewat Digitalisasi

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, digitalisasi memegang peran penting dalam transformasi.

Editor: Sri Hidayatun
Dokumentasi PLN
Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN Gregorius Adi Trianto mengatakan, layanan catat meter mandiri melalui PLN Mobile merupakan salah satu solusi agar pelanggan bisa memperkirakan pemakaian listrik setiap bulan. 

TRIBUNSUMSEL.COM,JAKARTA- PT PLN (Persero) terus melakukan transformasi untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Bertepatan dengan Hari Listrik Nasional ke-77, PLN menunjukkan transformasi itu semakin mantap melalui digitalisasi sehingga pelanggan bisa terlayani dengan cepat. 

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, digitalisasi memegang peran penting dalam transformasi.

Hal itu seperti terjadi pada PLN Mobile di mana pelanggan kini tak harus menguras tenaga dan waktu untuk mendapatkan layanan PLN. 

Optimalnya layanan digital PLN Mobile juga teruji dan terbukti dengan bertambahnya ID pelanggan yang hingga 12 Oktober 2022 tercatat mencapai 33 juta pelanggan dengan rating 4,8. 

“Ini angka yang menggembirakan dan diharapkan terus bertambah seiring dengan beragam program yang akan terus dihadirkan PLN,” ujar Darmawan.

PT PLN (Persero) masih membuka promo “Nyalakan Kemerdekaan” yang bisa dinikmati oleh masyarakat hingga saat ini.
PT PLN (Persero) masih membuka promo “Nyalakan Kemerdekaan” yang bisa dinikmati oleh masyarakat hingga saat ini. (Dokumentasi PLN)

Darmawan menyebutkan penggunaan aplikasi PLN Mobile akan sangat memudahkan pelanggan dalam mengakses beragam layanan.

Baca juga: PLN Hasilkan Listrik Hijau 394 GWh dari Cofiring 33 PLTU, Tekan Emisi Karbon

Pelanggan kini tak kesulitan pula untuk mengontrol dan mengendalikan penggunaan listrik rumah tangga dengan hadirnya aplikasi ini.  

Melalui PLN Mobile pelanggan dapat mengakses layanan sambung atau tambah daya, bayar rekening listrik, pembelian token, pelaporan keluhan terkait kerusakan instalasi lewat fitur ListriQu, melakukan catat meter mandiri lewat SwaCam, mengakses layanan internet IConnet, hingga mengakses berita-berita terkini terkait PLN. 

PLN Mobile juga memiliki fitur Electric Vehicle Digital Services (EVDS) yang memberi kemudahan layanan bagi pemilik Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

Melalui fitur ini pelanggan PLN dapat mengetahui lokasi stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) terdekat.

Selain itu, EVDS bisa mengontrol dan memonitor proses pengisian baterai mobil atau motor listrik di SPKLU. 

Sementara itu, untuk SPKLU yang sudah terbangun saat ini mencapai 412 unit yang tersebar di 295 lokasi di seluruh Indonesia.

PLN akan terus mendorong pertambahan SPKLU ini, seiring dengan besarnya tren penggunaan KBLBB yang juga didukung oleh pemerintah Indonesia. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved