Berita Palembang

KPK Resmi Ajukan memori Kasasi Putusan Banding Dodi Reza Alex Noerdin

aksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menyerahkan memori kasasi terdakwa Dodi Reza Alex Noerdin, mantan Bupati Muba. 

Dokumen Tribunsumsel.com
Dodi Reza Alex Noerdin. KPK Resmi Ajukan Kasasi Putusan Banding Dodi Reza Alex Noerdin 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG -Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menyerahkan memori kasasi terdakwa Dodi Reza Alex Noerdin, mantan Bupati Muba. 

KPK mengajukan kasasi sebagai respon potongan hukuman yang sebelumnya diperoleh terdakwa Dodi Reza Alex Noerdin berdasarkan putusan banding di Pengadilan Tinggi Palembang. 

Juru bicara KPK, Ali Fikri dalam keterangan tertulisnya mengatakan, memori kasasi terdakwa Dodi Reza Alex Noerdin dilakukan oleh Jaksa KPK Meyer Simanjuntak melalui kepaniteraan pidana khusus Pengadilan Tipikor Palembang pada Rabu (5/10/2022). 

"Pada pokoknya, Jaksa KPK meminta majelis hakim pada MA untuk memutus dan menjatuhkan pidana badan selama 10 tahun dan 7 bulan penjara terhadap terdakwa Dodi Reza Alex Noerdin," ujarnya, Kamis (6/10/2022).

Selain kurungan penjara, JPU KPK juga meminta majelis hakim agar menghukum Dodi Reza Alex Noerdin untuk membayar uang pengganti Rp.2,9 Miliar. 

Serta pencabutan hak politik selama 5 tahun sebagaimana amar surat tuntutan. 

"KPK berharap upaya hukum kasasi ini dapat diterima dan mengabulkan seluruh amar tuntutan dari Tim Jaksa," ujarnya. 

Sementara itu, Kuasa Hukum Dodi Reza Alex Noerdin juga menyatakan sikap kasasi atas vonis banding Pengadilan Tinggi Palembang.

Sikap ini diambil sebagai tindak lanjut atas memori banding yang sudah dilayangkan JPU KPK. 

"Setelah KPK mengajukan kasasi, kami pun juga mengambil langkah hukum kasasi. Sekaran sudah didaftarkan melalui tim kami Reinhard Clinton SH MH. Menurut kami, pak Dodi ini sangat koperatif, namun karena KPK kasasi maka kita pun mengajukan kasasi," ujar Waldus Situmorang kuasa hukum Dodi Reza Alex Noerdin saat dihubungi melalui sambungan telepon. 

Dia berharap, majelis hakim tingkat kasasi pada Mahkamah Agung (MA) dapat membebaskan Dodi Reza Alex Noerdin dari tuntutan jaksa KPK.

"Dodi Reza ini sudah berbuat banyak untuk masyarakat Kabupaten Musi Banyuasin, hal itu terbukti dalam putusan hak politiknya tidak dicabut," ujarnya.

 

Putusan Banding Dodi Reza Alex Noerdin 

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved