Harga Sawit Palembang

Harga Sawit Palembang: Harga TBS Sawit Hari Ini di Muratara Tingkat Petani, Disuplai ke 3 Pabrik

Harga sawit Palembang, harga TBS sawit hari ini di Muratara tingkat petani untuk disuplai ke tiga pabrik di daerah tersebut.

Penulis: Rahmat Aizullah | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/RAHMAT AIZULLAH
Harga sawit Palembang, harga TBS sawit hari ini di Muratara tingkat petani untuk disuplai ke tiga pabrik di daerah tersebut mulai Rp 1.700-an per kg. 

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA - Harga sawit Palembang, harga TBS sawit hari ini di Muratara tingkat petani untuk disuplai ke tiga pabrik di daerah tersebut.

Petani sawit bekerjasama dengan KUD Karya Mulya Desa Bumi Makmur, Kecamatan Nibung, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) sumringah meski harga tandan buah segar (TBS) turun.

Pasalnya, walaupun harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di beberapa kecamatan di daerah ini mengalami anjlok, namun di tempat mereka harga TBS sawit turun tipis.

Ketua Pengurus KUD Karya Mulya Desa Bumi Makmur, Kecamatan Nibung, Suyono mengungkapkan harga TBS sawit saat ini masih berkisar antara Rp 1.700-2.000-an per kilogram (kg).

"Kita masih harga 1.790 sampai 2.158," kata Suyono pada TribunSumsel.com, Jumat (30/9/2022).

Baca juga: Harga Karet Dunia Hari Ini, Harga Karet Sicom SGX 133,7 Sen AS/Kg, TSR 20 Turun Dibandingkan Kemarin

Dia mengungkapkan, koperasi yang dikelolanya menyalurkan TBS sawit dari hasil panen petani ke tiga pabrik kelapa sawit (PKS).

Ketiga PKS tersebut yakni PT London Sumatera (Lonsum), PT Bumi Mekar Tani (BMT), dan PT Dua Semeru Putra Mandiri (Semeru).

"Tiga PKS itu beda-beda harganya, Lonsum sama Semeru masih di atas dua ribu, kalau BMT seribu tujuh ratusan," kata Suyono.

Dia membeberkan, harga TBS sawit yang dibeli ke petani untuk disuplai ke PT BMT hari ini seharga Rp 1.790 per kg turun dari pekan lalu Rp 1.940 per kg.

BMT diketahui merupakan satu-satunya PKS di Muratara yang menampung TBS petani mandiri karena tidak memiliki kebun sendiri.

"BMT seminggu yang lalu masih 1.940, untuk hari ini turun tipis jadi 1.790," kata Suyono.

Kemudian, harga TBS sawit yang dibeli ke petani untuk disuplai ke PT Semeru hari ini seharga Rp 2.090 per kg turun dari pekan lalu Rp 2.290 per kg.

PT Semeru diketahui merupakan PKS di luar Muratara yang beralamat di Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi.

"Kalau Semeru minggu kemarin 2.290, untuk hari ini turun tipis jadi 2.090. Semeru masih dua ribuan karena kita ada subsidi transport, karena jaraknya jauh," ujar Suyono.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved