Berita OKI

Kalahkan Daging Ayam, Harga Telur Hari ini Naik Tajam di Pasar Kayuagung OKI

Harga Telur 1 Kg hari ini di Pasar Kayuagung OKI mengalahkan harga daging Ayam. pembeli menyebutkan harga telur saat ini tidak rasional.

TRIBUNSUMSEL.COM/WINANDO
Harga telur ayam di pasar tradisional Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir dibandrol dengan harga mencapai Rp 29.500, Senin (29/8/2022) siang. 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG -- Harga telur ayam ras terus merangkak naik hingga pekan terakhir Agustus. Harga telur bahkan menyentuh level tertinggi selama tahun 2022 ini.

Diketahui saat ini perkilogram harga telur ayam di pasar tradisional Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir dibandrol dengan harga mencapai Rp 29.500.

"Harga beli terus naik sekitar dua mingguan ini. Dari yang biasanya dijual hanya Rp 24.000 saat ini naik mencapai Rp 5.000 perkilogram," ujarnya Yanto saat diwawancarai, Senin (29/8/2022) siang.

Disampaikan jika kebanyakan penjual memperoleh telur langsung dari peternakan. Karena harga yang didapatkan sangat miring atau rendah.

"Kami biasanya beli telur dari peternakan yang ada di Desa Air Batu, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Musi Banyuasin. Setiap kirim sekitar 60-70 peti telur," urainya.

Menurutnya meroketnya harga telur ayam saat ini dipengaruhi oleh mahalnya pakan dan bibit ayam petelur.

Serta belum stabilnya produksi setelah banyak peternak mengurangi populasi ayam bahkan gulung tikar akibat dihantam pandemi.

"Setau saya ada beberapa faktor yang mempengaruhi naiknya harga telur ini. Terutama yang dirasakan oleh peternak mengenai mahalnya pakan yang mereka beli," ungkap dia.

Harga telur ayam yang naik tajam berdampak pada turunnya pembeli. Jika biasanya konsumen beli hingga satu kilogram, sekarang cuma setengah kilo.

"Banyak pembeli yang mengeluhkan tingginya harga termasuk pemilik usaha rumah makan. Jadi otomatis juga mengurangi jumlah pembelian," terang dia.

"Saya lebih senang berjualan di harga standar karena lebih banyak beli. Untuk apa harga naik tapi pembeli berkurang," imbuhnya.

Baca juga: Bupati OKI Terima Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra

Sementara itu, Asiyah salah seorang pembeli menyebutkan harga telur saat ini tidak rasional.

Dimana justru lebih mahal telur dibandingkan harga daging ayam.

"Disaat harga telur sangat tinggi, justru harga daging ayam turun drastis untuk yang masih hidup hanya Rp 23.000 dan yang sudah bersih Rp 27.000 perkilogram," ujarnya.

"Kalau saya lebih baik beli daging ayam, ketimbang beli telur ayam. Ini aja cuma beli setengah kilogram telur untuk membuat kue," pungkasnya.

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved