Berita Unsri

HI Fisip Unsri Gelar Optimalisasi Wirausaha Melalui Pemanfaatan Digital Marketing

Guna menciptakan kesadaran merek menggunakan internet, HI FISIP Unsri menggelar optimalisasi wirausaha melalui pemanfaatan digital marketing.

Editor: Sri Hidayatun
Dokumentasi HI FISIP UNSRI
HI Fisip Unsri gelar optimalisasi wirausaha melalui pemanfaatan digital marketing dengan menciptakan kesadaran merek menggunakan internet. 

TRIBUNSUMSEL.COM,OGANILIR- Desa kerinjing merupakan salah satu desa yang memiliki banyak panganan
Khas meliputi kemplang, sirup jeruk kunci, dan panganan khas lainnya yang sering dijadikan sebagai oleh-oleh.

Akan tetapi dalam proses pemasaran, belum dikelola secara optimal sehingga banyak warga diluar daerah yang belum mengetahui mengenai penjualan kemplang.

Terkendala pengiriman, kurangnya informasi dan tidak adanya marketplace yang tepat sebagai wadah dalam memasarkan produk merupakan beberapa kendala yang dialami oleh masyarakat didesa Kerinjing, Ogan Ilir.

Salah satu potensi terbesar ialah perkebunan jeruk kunci yang merupakan salah satu sumber penghasilan terbesar di tingkat kabupaten Ogan Ilir.

Saat ini pengelolaan jeruk kunci sudah di optimalkan melalui beberapa pelatihan yang dilakukan kepada para masyarakat salah satu contohnya yaitu pelatihan pada saat pandemi.

Ketika itu banyak warga yang kehilangan pekerjaan karena terkendala oleh kebijakan yang sedang ditetapkan oleh pemerintah untuk tetap menjaga jarak dan mengurangi interaksi dengan sesama, sehingga banyak warga yang terkena dampak secara tidak langsung.

Salah satu pelatihan yang didapatkan oleh masyarakat ialah peningkatan nilai tambah produk olahan sirup jeruk kunci yang ada di desa Kerinjing yang dilakukan oleh para Tim Pengabdian Masyarakat dari Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (HI) FISIP Unsri.

HI Fisip Unsri gelar optimalisasi wirausaha melalui pemanfaatan digital marketing dengan menciptakan kesadaran merek menggunakan internet.
HI Fisip Unsri gelar optimalisasi wirausaha melalui pemanfaatan digital marketing dengan menciptakan kesadaran merek menggunakan internet. (Dokumentasi HI FISIP UNSRI)

Melihat kondisi belum dioptimalkanya proses pemasaran dan penjualan akibat terkendala dari kurangnya pemahaman mengenai pemanfaatan media sosial diera digitalisasi ini maka untuk kedua kalinya tim pengabdian masyarakat HI Unsri melakukan penyuluhan mengenai optimalisasi wirausaha melalui pemanfaatan digital
marketing dengan menciptakan kesadaran merek menggunakan internet yang dilakukan didesa Kerinjing.

Kegiatan ini dilaksanakan Sabtu (20/8/2022) yang diketuai oleh Sari Mutiara Aisyah, S.IP.,MA, dengan anggotakan Abdul Halim, S.IP.,MA, Indra Tamsyah, S.IP., M.Hub.Int, dan beberapa mahasiswa Program Studi Ilmu Hubungan Internasional FISIP Unsri yang terlibat langsung dalam kegiatan ini.

Sasaran kegiatan ini meliputi pemuda-pemudi desa Kerinjing yang dalam hal ini yaitu diwakilkan oleh Karang Taruna.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved