Berita Kemenkumham Sumsel

Peringati HUT RI dan HDKD ke 77, Kemenkumham Gelar Berbagai Lomba

Jajaran Kemenkumham seluruh Indonesia semarakkan dengan berbagai perlombaan tradisi, seperti panjat pinang, tarik tambang, balap karung, balap bakiak.

Editor: Slamet Teguh
Dokumen Kemenkumham Sumsel
Peringati HUT RI dan HDKD ke 77, Kemenkumham Gelar Berbagai Lomba 

TRIBUNSUMSEL.COM - Dalam Rangka memperingati  HUT ke 77 Kemerdekaan RI , 17 Agustus 2022 dan  HUT ke 77 Kemenkumham (Hari Dharma Karya Dhika), 19 Agustus tahun 2022.

Jajaran Kemenkumham seluruh Indonesia semarakkan dengan berbagai perlombaan tradisi, seperti panjat pinang, tarik tambang, balap karung, balap bakiak dan fun game lainnya. 

Sekretaris Jenderal Kemenkumham Komjen Pol. Andap Budhi Revianto mengatakan dibalik berbagai perlombaan tersebut, mengajarkan kita kembali akan nilai-nilai yang sangat bermakna dan berharga.

seperti lomba panjat pinang, mengajarkan mengenai  gotong royong dan kerja keras sesama anggota tim. 

“Juga mengajarkan pantang menyerah, rela berkorban dan bersemangat tinggi untuk mencapai puncak pinang", ungkap Mantan Kapolda Kepri tersebut. 

Kemudian tarik tambang, Komjen Pol. Andap Budhi Revianto mengatakan permainan ini sangat bermanfaat untuk memperkuat soliditas dan mempererat hubungan, sekaligus mengajarkan sifat suportif, kerjasama dan kepemimpinan dalam mengatur strategi, serta mendengarkan pimpinan untuk menjalankan strategi yang telah dirembukkan. 

Ketika balap karung, ada kalanya seorang peserta terjatuh saat berlari, kemudian harus bangkit lagi hingga akhirnya berhasil dan sukses mencapai garis finish. 

"Ini merupakan sebuah gambaran bagi kita dan dapat dimaknai bahwa kita harus memiliki semangat yang menggelora dan pantang menyerah untuk mencapai titik akhir/garis finish", ungkapnya. 

Baca juga: Kakanwil Kemenkumham Sumsel Pimpin Upacara HUT Kemenkumham di Palembang

Baca juga: Kemenkumham Sumsel Gelar Lomba Tradisional

Lomba berikutnya, balap bakiak.

Komjen Pol. Andap Budhi Revianto menjelaskan Olahraga tradisional ini dapat dimaknai sebagai pengasah kerja sama tim yang dipadukan dengan ketangkasan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved