Berita Sumsel Maju untuk Semua

Antisipasi Krisis Pangan Global, Inisiasi Herman Deru Luncurkan GSMP Sejalan Program Pusat

Tribun Sumsel Anugrahi Herman Deru Penghargaan Sebagai Pelopor GSMP. Deru ungkap GSMP Sejalan Program Pusat.

Editor: Sri Hidayatun
HUMAS PEMPROV SUMSEL
Herman Deru Penghargaan Sebagai Pelopor GSMP. Program GSMP ini sejalan dengan program pusat. 

TRIBUNSUMSEL.COM,PALEMBANG - Program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) yang digagas Gubernur Sumsel Herman Deru terus mendapat dukungan dan apresiasi dari semua pihak.

Termasuk dari kalangan media, seperti halnya Tribun Sumsel yang memberikan penghargaan atas inisiasi Herman Deru yang telah melaunching GSMP pada akhir tahun 2021 lalu.

Dimana pemikiran Gubernur Herman Deru dalam mencetuskan GSMP ini sangat dinilai bermanfaat dalam mempertahankan pangan serta merubah maindset masyarakat yang tadinya membeli menjadi produksi.

"Timbul pemikiran GSMP ini untuk antisipasi terjadinya krisis pangan di Sumsel. Ini juga selaras dengan program pemerintah pusat," kata Herman Deru saat menhadi sara sumber pada Sarasehan Kelompencapir Milenial dengan tema “1001 Cerita dari Bumi Sriwijaya untuk Indonesia Menuju Sumsel Mandiri Pangan” yang dipandu oleh Pemred Tribun Sumsel bertempat di Griya Agung, Selasa (12/7/2022).

Sebenarnya lanjut Gubernur Terinovatif itu, Program GSMP ini sesuatu yang sederhana hanya untuk merubah maindset yang tadinya dari pembeli menjadi memproduksi dengan cara menanam ataupun memanfaatkan perkarangan rumah sebagai media tanam cabai, cung, bawang merah dan lainnya.

"Syukur gerakan ini sudah terasa dimana saat kita tinjau pasca lebaran Idul Fitri tidak ada kenaikan harga komoditas artinya masih stabil," ungkapnya.

Baca juga: Hadiri Pengukuhan Kepala BI Sumsel, Herman Deru Kenalkan GSMP di Depan Deputi Bank Indonesia

Bahkan lanjut Herman Deru, GSMP selain mendukung ketahanan pangan juga menjadi salah satu upaya dalam menurunnya stunting di Sumsel.

"Stunting pada anak terjadi salah satu faktor penyebabnya karena tidak terjaganya pola makan, dimana asupan proteinnya juga tidak terjaga. Maka gerakan ini dapat di manfaatkan oleh masyarakat dalam mendukung peningkatan konsumsi pangan," jelasnya.

Untuk itu Herman Deru berharap kepada Tribunsumsel untuk dapat membantu pemerintah dalam mensosialisasikan program ini kepada masyarakat.

"Saya minta tribun lebih gencar lagi menyampaikan GSMP ini ke masyarakat. Apalagi hari ini dihadiri para Bupati/Walikota dimana mereka ingin agar masyarakatnya terjaga baik dari suplai dan ketahanan pangannya ," katanya.

Herman Deru juga menyoroti masih adanya rasa minder masyarakat akan profesi sebagai petani padahal profesi tersebut sangat terhormat.

Untuk mengangkat harkat dan martabat para petani di Sumsel dirinya merekrut petugas yang khusus mendampingi petani.

“Saya berinisiatif mengangkat hampir 2 000 PPL dari berbagai bidang ilmu. Tugasnya bukan hanya membantu petani bercocok tanam tapi membimbing petani,” tandasnya.

Dikesempatan itu Gubernur Herman Deru mengapresiasi sosok Komjen Pol (Purn) Drs Susno Duadji yang dinilainya sangat berperhatian pada sektor pertanian.

"Pak Susno itu luar biasa, beliau sangat berperhatian pada pertanian. Orang-orang seperti pak Susno yang dibutuhkan," tutup Herman Deru.

Sementara itu, Komjen Pol (Purn) Drs Susno Duadji yang juga sebagai tokoh Peduli Pertanian yang juga bertindak sebagai narasumber dalam sarasean kali ini menilai GSMP yang digagas Gubernur Herman Deru sangat tepat dan memberikan efek positif dalam peningkatan pendapatan masyarakat.

Dia juga berbagi pengalaman dengan profesi barunya sebagai petani setelah pensium dari Polisi. Yakni dengan bertanam cengkih dan vanili.

"Kepada anak muda dan para pensiunan jangan takut untuk jadi petani. Jaga ragu untuk jadi petani," katanya.

Direktur Perbenihan Hortikultura Kementerian Pertanian RI, Inti Pertiwi Nashwari mengatakan disaat ini sektor pertanian masih tetap tumbuh dibanding dengan sektor lainnya.

"Meski dengan goncangan saat ini sektor pertanian masih kuat,” ungkapnya.

Dia melihat Sumsel mempunyai potensi yang luar biasa pada sektor pertanian.

Karena itu Sumsel bukan hanya lumbung pangan tapi sebagai pemasok pangan untuk Indonesia.

"Tanpa Sumsel kita goyang karena kontribusinya di beras cukup besar. Apalagi di pulau Sumatera Provinsi Sumsel penyumbang pangan paling besar," katanya.

Dia juga menyampaikan penilaian Mentan sangat menghargai potensi yang dimiliki Sumsel terutama disektor pertanian.

"Kami siap mensuport Sumsel dengan memberikan babtuan bibit benih buah-buahan, sayur-sayuran. Jadi Sumsel mendapatkan prioritas khusus dari Pak Menteri," terangnya.

Hal senada juga diungkapkan Direktur Keuangan dan Umum PT Pusri, Saifullah Lasindrang mengatakan akan terus mendukung program pemerintah salah satunya GSMP.

"Kita tetap konsisten mendukung pak Gubernur melalui programnya GSMP," katanya.

Dia menjelaskannya PT Pusri mempunyai tugas menyalurkan pupuk subsidi ke seluruh Indonesia. Sumsel sendiri memiliki kouta 228 ribu ton yang disalurkan ke 17 Kabupaten/Kota.

"Sampai Juni ini sudah 50 persen tersalurkan lebih mudah-mudahan hingga akhir tahun, 100 persen tersalurkan," terangnya.

Sementara itu, Ceo Tribun Network, Dahlan Dahi memberikan apresiasinya untuk Gubernur Herman Deru yang sudah memberikan kepercayaan kepada Tribunsumsel untuk ikut peran dalam mensukseskan GSMP, bahkan dia menyebut GSMP merupakan program mulia.

"Sumsel memiliki potensi yang luar biasa pada sektor pertanian. Semoga program GSMP ini berjalan lancar dan sukses di Sumsel," ucapnya.

Pada cara ini Gubernur Herman Deru mendapat penghargaan dari Tribun Sumsel sebagai pelopor GSMP, kemudian Peluncuran Animasi Mang Deru serta pemberian Penghargaan di bidang pertanian dan pangan bagi Kabupaten/Kota serta Inovasi dan Pangan bagi Kabupaten/Kota.

Baca berita lainnya langsung dari google news

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved