Idul Adha 2022

Kerahkan Penjagal, Penyembelihan 46 Hewan qurban Masjid Jami Baitul Muttaqin OKI Selesai 4 Jam

Penyembelihan Hewan kurban di halaman masjid Jami' Baitul Muttaqin Desa Sumbusari, Kecamatan Mesuji Raya, Kabupaten Ogan Komering Ilir.

TRIBUNSUMSEL.COM/WINANDO
Suasana Penyembelihan hewan kurban di halaman masjid Jami' Baitul Muttaqin Desa Sumbusari, Kecamatan Mesuji Raya, Kabupaten Ogan Komering Ilir pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, Minggu (10/7/2022) pagi. 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG - Penyembelihan 12 sapi dan 34 kambing kurban di halaman masjid Jami' Baitul Muttaqin Desa Sumbusari, Kecamatan Mesuji Raya, Kabupaten Ogan Komering Ilir pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah selesai hanya dalam waktu 4 jam, Minggu (10/7/2022).

Selain anggota panitia dari jemaah masjid, penjagal juga dikerahkan untuk menyembelih puluhan sapi dan kambing tersebut.

"Alhamdulillah tadi penyembelihan mulai sekitar pukul 07.30 WIB dan selesai (rampung) sekitar pukul 11.30 WIB," Kata ketua pengurus masjid Jami Baitul Muttaqin, Nyono S.Pd.

Dijelaskan untuk proses pemotongan tersebut mulai dari penyembelihan, menguliti, pemisahan daging dengan tulang, hingga memasukan potongan daging ke dalam plastik, lalu akan dibagikan ke masing-masing rumah warga.

"Nantinya daging tersebut akan dibagikan secara langsung kerumah warga yang telah terdaftar dengan sasaran 1.152 kepala keluarga (KK)," ujarnya seluruh penerima merupakan warga Desa Sumbusari.

Menurutnya jumlah hewan kurban tahun ini, lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya dengan 13 ekor sapi dan 40 ekor kambing.

"Untuk tahun 2020 lalu jumlah hewan kurban yang dititipkan kepada panitia sebanyak 46 ekor, di mana 11 sapi dan 35 kambing. Alhamdulillah setiap tahun jumlah hewan kurban banyak," tambahnya.

Baca juga: Mobil Kijang Kapsul dan Motor Hangus Terbakar di Mesuji Raya OKI, Diduga Sopir Merokok jadi Pemicu

Sementara hewan kurban tersebut diperoleh dari sistem arisan atau perorangan dengan jumlah keseluruhan mencapai 117 peserta kurban.

"Dengan jumlah 117 peserta kurban. Bisa terkumpul 12 ekor sapi dan 34 ekor kambing," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved