Berita Banyuasin

Jembatan Pulau Rimau Segera Dibangun Baru, Dana Rp 65 Miliar Bantuan Gubernur Sumsel

Jembatan Pulau Rimau segera dibangun yang baru menggantikan jembatan lama yang memang sudah dimakan usia.

Penulis: M. Ardiansyah | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/M ARDIANSYAH/DOK WARGA
Jembatan Pulau Rimau yang sudah dimakan usia bakal diganti jembatan baru anggaran Rp 65 miliar dana bantuan Gubernur Sumsel. Hal ini diungkap Kepala Dinas PUTR Banyuasin Ardi Arpani 

TRIBUNSUMSEL.COM, BANYUASIN - Jembatan Pulau Rimau segera dibangun yang baru menggantikan jembatan lama yang memang sudah dimakan usia.

Pemkab Banyuasin melalui Dinas PUTR, berencana akan membangun Jembatan Pulau Rimau sepanjang 150 meter dengan lebar 7 meter di Kecamatan Pulau Rimau Banyuasin.

Kepala Dinas PUTR Banyuasin Ardi Arpani menuturkan, pembangunan jembatan di Kecamatan Pulau Rimau memang sangat diperlukan agar aktivitas masyarakat di sana bisa terakomodir.

"Jembatan yang lama, dibangun tahun 1985 dan sudah sangat tua. Sudah beberapa kali jebol, karena tidak kuat menahan beban. Jadi memang harus dilakukan pembangunan jembatan yang baru," ujar Ardi saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (6/7/2022).

Lanjut Ardi, pembangunan jembatan di Kecamatan Pulau Rimau setidaknya memakan biaya dengan total Rp 65 miliar. Untuk bagian bawah jembatan atau pondasi membutuhkan biaya Rp 25 miliar.

Nantinya, dalam pembangunan jembatan di Kecamatan Pulau Rimau menggunakan bantuan gubernur Sumsel. Lokasi pembangunan jembatan ini sendiri, tepat berada di sebelah jembatan yang lama.

Baca juga: Atasi Harga Sawit Anjlok Lagi, Ini Saran Apkasindo dan Gapki ke Pemerintah

Tidak perlu lagi melakukan pembebasan lahan, karena tanah yang dilalui masih milik pemerintah. Selain itu, aktivitas masyarakat juga tidak akan terganggu karena masih da jembatan yang lama.

"Jembatan yang lama itu, hanya mampu menahan beban 5 ton saja. Sedangkan, untuk jembatan yang baru ini nantinya mampu menahan beban 30 ton. Jadi kemampuan beban untuk jembatan yang kuat, bisa dilintasi kendaraan sampai 30 ton," ujarnya.

Selain jembatan, akan dilakukan juga pembangunan jalan lanjutan dengan dana Bantuan Gubernur Sumsel. Jalan yang akan dibangun dari wilayah Tanah kering Kecamatan Pulau Rimau menuju ke Selat Penugguan. Panjang jalan yang akan dibangun sepanjang 3 KM dengan memakan dana senilai Rp 10.8 miliar.

Baca berita lainnya langsung dari google news

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved