Ibadah Haji 1443 H

Warga Lubuklinggau yang Ingin Ibadah Haji Dipastikan Berangkat Tahun 2046

Terbatasnya kuota haji bagi calon jemaah haji yang sudah mendaftar untuk berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci menjadi salah satu penyebab

Penulis: Eko Hepronis | Editor: Siemen Martin
IST
Terbatasnya kuota haji bagi calon jemaah haji yang sudah mendaftar untuk berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci menjadi salah satu penyebab antrean haji hingga mencapai 24 Tahun. 

TRIBUNSUMSEL.COM, LUBUKLINGGAU - Calon jemaah haji di Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan yang sudah mendaftar di tahun 2022 ini harus antri menunggu hingga 2046 mendatang.

Terbatasnya kuota haji bagi calon jemaah haji yang sudah mendaftar untuk berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci menjadi salah satu penyebab antrean haji hingga mencapai 24 Tahun.

Kasi Haji Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Lubuklinggau, Mahmudan menyampaikan meksi masa tunggu sangat lama tercatat di Lubuklinggau sudah 5.000 calon jemaah haji yang mendaftar.

“Yang daftar tahun ini waiting list sampai 2046 atau yang daftar tahun ini 24 tahun lagi. Jumlahnya 5.000 lebih yang antri,” kata Mahmudan.

Kemenag sangat berharap agar setiap tahun ada tambahan kuota haji dari pemerintah Arab Saudi. Sehingga atrian tunggu setidaknya dapat berkurang.

"Apalagi ditahun ini menurutnya, pemerintah Arab Saudi telah mengeluarkan kebijakan yakni terkait dengan batas usia calon jemaah," ungkapnya.

Saat ini pemerintah memutuskan hanya akan memberangkatkan calon jemaah haji dengan batas usia dibawah 65 tahun dan sudah mendapatkan layanan vaksin.

“Kota Lubuklinggau sendiri di tahun ini memberangkatkan 103 calon jemaah haji. Termuda calon jemaah haji tahun ini usia 27 tahun,” ujarnya.

Lanjutnya, saat ini calon jemaah haji tinggal menunggu berangkat.

Total ada 103 calon jemaah haji yang berangkat. Dijadwalkan berangkat pada 30 Juni lusa berangkat menuju ke Asrama Haji di Palembang.

"Kemudian jadwal berangkat ke Jeddah pada 1 Juli 2022 sekitar pukul 14.45 WIB," ungkapnya. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved