Berita Sumsel

Pemkab OKI Beri Kesempatan UMKM Ikut Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah

Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Ogan Komering Ilir (OKI) kini memiliki kesempatan menjadi penyedia pengadaan barang dan jasa (PJB).

Editor: Sri Hidayatun
Humas Pemkab OKI
Sekretaris Daerah OKI, H.Husin S.Pd., MM.M.Pd saat membuka Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Belanja Langsung (Bela) melalui sistem elektronik di Kayuagung. 

TRIBUNSUMSEL.COM,KAYUAGUNG - Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Ogan Komering Ilir (OKI) kini memiliki kesempatan menjadi penyedia pengadaan barang dan jasa (PJB).

Pemerintah setempat gencar mendorong dan membuka peluang bagi pelaku usaha lokal dan UMKM melalui digitalisasi belanja langsung (Bela) dengan penyelenggara perdagangan melalui sistem elektronik (PPMSE).

"Dengan diterapkannya PPMSE di OKI maka produk lokal bisa masuk e-katalog pengadaan barang dan jasa serta dapat berkolaborasi dengan market place yang terlisensi LKPP," ujar Sekretaris Daerah OKI, H.Husin S.Pd., MM.M.Pd saat membuka sosialisasi dan bimbingan teknis belanja langsung  melalui sistem elektronik di Kayuagung.

Dikatakan Husin penerapan belanja langsung melalui skema PPMSE merupakan tindak lanjut dari instruksi presiden sebagai upaya daya ungkit perekonomian lokal dengan mendorong pertumbuhan produk UMKM.

"Bela Pengadaan yang diiniasi oleh LKPP dan KPK ini mampu mendorong UMKM di OKI GO Digital dengan transaksi maksimal 200 Juta bagi pengusaha lokal yang tergabung dalam market place yang telah terlisensi LKPP," imbuhnya.

Selain itu, menurut Husin dengan PPMSE ini dapat mencegah praktik korupsi sekalogus memajukan UMKM daerah.

"Pengadaan barang dan jasa jadi lebih transparan dan mempermudah untuk pelaporan serta pertangungjawab anggaran" terang dia.

Sementara itu, Antonius Prabowo, Direktur Bisnis Bank Sumsel Babel mengatakan sebagai Bank Daerah, Bank Sumsel Babel terus berpartipasi dan berpean aktif dalam kegiatan-kegiatan digitalisasi perekonomian dan transaksi.

"Amanah digitalisasi ini ada di BankSumsel Babel dengan menyediakan layanan yang berbasis internet banking, sehingga mempermudah keinginan nasabah", kata Anton yang tersambung secara virtual.

Prabowo juga mengapresiasi langkah Pemkab OKI yang telah melakulan lompatan besar dalam memajukan UKM dan transparansi belanja pemerintah.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved