Ketahui Gejala Hepatitis Akut Kepada Anak, Serang Anak-anak Usia 1 bulan Hingga 16 Tahun

Ketahui Gejala Hepatitis Akut Kepada Anak, Serang Anak-anak Usia 1 bulan Hingga 16 tahun

Penulis: Abu Hurairah | Editor: Abu Hurairah
halodoc
Ketahui Gejala Hepatitis Akut Kepada Anak, Serang Anak-anak Usia 1 bulan Hingga 16 Tahun 

TRIBUNSUMSEL.COM - Hepatitis Akut penyakit yang menyerang anak-anak masih belum diketahui penyebabnya sejak dilaporkan pada 15 April 2022.

Dikutip laman Kemenkes, di Indonesia ada tiga pasien anak yang dirawat di RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo Jakarta dengan dugaan Hepatitis Akut yang belum diketahui penyebabnya meninggal dunia.

Dalam kurun waktu yang berbeda dengan rentang dua minggu terakhir hingga 30 April 2022.

Ketiga pasien ini merupakan rujukan dari rumah sakit yang berada di Jakarta Timur dan Jakarta Barat.

Gejala yang ditemukan pada pasien-pasien ini adalah mual, muntah, diare berat, demam, kuning, kejang dan penurunan kesadaran.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah menerbitkan surat edaran tentang Kewaspadaan terhadap penemuan kasus Hepatitis akut yang Tidak Diketahui Etiologinya

Baca juga: Amalan Malam Jumat : 2 Ayat Terakhir Surat Al Baqarah, Mohon Agar Terhindar dari Siksa Neraka

Baca juga: Apa Itu Hepatitis Akut dan Gejala Dialami, Penyakit yang Masih Belum Diketahui Penyebabnya

Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menerima laporan pada 5 April 2022 dari Inggris Raya mengenai kasus Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute hepatitis of unknown aetiology). Pemeriksaan laboratorium telah dilakukan dan virus hepatitis tipe A, B, C, D dan E tidak ditemukan sebagai penyebab dari penyakit tersebut. Saat ini masih dalam penyelidikan terkait penyebab dan siapa yang paling berisiko terhadap penyakit tersebut, serta apakah ada hubungannya dengan COVID-19.

Gejala yang dialami meliputi sindrom jaundice akut (air kencing berwarna gelap, feses/tinja pucat, kuning pada sklera mata dan kulit, lemas, nyeri sendi/otot), diare, mual, muntah, dan nyeri di bagian perut.

Dari kasus yang dilaporkan terjadi pada anak-anak berusia 1 bulan hingga 16 tahun.

Dikutip dari KompasTV Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Adib Khumaidi mengungkapkan gejala hepatitis akut yang umumnya menimpa pada anak.

Meski belum diketahui penyebabnya, Adib menuturkan hepatitis akut memiliki gejala perubahan warna urine (gelap) dan/atau feses (pucat), kuning, gatal, nyeri sendi, atau pegal-pegal.

Kemudian, demam tinggi, mual, muntah, atau nyeri perut, lesu, dan atau hilang nafsu makan, diare, serta kejang, dan ditandai dengan Serum Aspartate transaminase (AST) / SGOT atau Alanine transaminase (ALT) / SGPT lebih dari 500 U/L.

Baca juga: Kapan Hari Raya Waisak 2022, Ini Ucapan Selamat Hari Raya Tri Suci Waisak 2566 BE

Baca juga: Sempat Pulang Rayakan Lebaran, Mieke Wijaya Ternyata Idap Kanker, Nia Zulkarnaen Sempat Tak Tahu

Sambil menunggu informasi lebih lanjut, masyarakat diharapkan untuk tetap menjalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat terutama melakukan cuci tangan pakai sabun pada anak-anak, yang dapat mencegah terjadinya penularan berbagai macam penyakit infeksi.

Sumber : https://www.kompas.tv/article/285637/ini-gejala-hepatitis-akut-pada-anak-idi-minta-seluruh-dokter-dan-tenaga-kesehatan-waspada

sehatnegeriku.kemkes.go.id

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved