Berita PLN

Listrik Jadi Motor Penggerak Ekonomi, Menteri BUMN Dorong PLN Optimalkan Potensi Dalam Negeri

Menteri BUMN Erick Thohir berharap peran PLN dalam sektor kelistrikan di Indonesia harus bisa menjadi lebih strategis.

PLN
Menteri BUMN Erick Thohir berharap peran PLN dalam sektor kelistrikan di Indonesia harus bisa menjadi lebih strategis. 

TRIBUNSUMSEL.COM, JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi Indonesia sangat bertumpu pada kelistrikan. Oleh karena itu, peran PT PLN (Persero) sebagai motor penggerak perekonomian sangat penting.

Menteri BUMN Erick Thohir menilai tak hanya sebagai motor penggerak saja, peran PLN dalam sektor kelistrikan di Indonesia harus bisa menjadi lebih strategis.

Kata Erick, Indonesia mempunyai potensi pengembangan listrik berbasis sumber daya alam sendiri sangat banyak, seperti tenaga matahari, angin dan air.

"Ini bisa kita maksimalkan Sumber Daya Alam (SDA) kita. Yang biasanya SDA kita dikelola untuk membangun pertumbuhan ekonomi negara lain, kali ini SDA ini harus bisa kita kelola untuk menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi dalam negeri," kata Erick.

Erick juga menjelaskan Indonesia memiliki 270 juta penduduk yang menjadi market yang besar.

PLN kata Erick bisa memanfaatkan market ini secara maksimal agar bisa menjadi modal pertumbuhan bangsa.

"PLN bisa memanfaatkan market dalam negeri ini untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru, membuka kesempatan usaha baru agar masyarakat juga bisa terdongkrak kesejahteraannya," ujar Erick.

Ia juga menambahkan, dalam transisi energi misalnya. Indonesia sudah menjadi tuan rumah Presidensi G20. Ini momen untuk menunjukan dunia bahwa Indonesia bisa menjadi role model dalam pengembangan energi bersih.

"Kita punya roadmap, yang mana harusnya orang ikut roadmap kita bukan kita yang malah ikut roadmap orang," tambah Erick.

Hal ini juga sejalan dengan perintah Presiden RI Joko Widodo yang ingin Indonesia meningkatkan nilai tambah dari pengelolaan kekayaan dalam negeri.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved