Ramadhan 2022

Membersihkan Kotoran Telinga dan Hidung Membatalkan Puasa? Berikut Penjelasan Buya Yahya

Terdapat hal-hal yang bisa membatalkan puasa atau membuat ibadah yang dijalankan menjadi makruh sehingga mengurangi pahala.

Tribun Sumsel
Hal yang Membatalkan Puasa 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG- Membersihkan Kotoran di Telinga dan Hidung Bisa Membatalkan Puasa? Ini Penjelasan Buya Yahya.

Dalam menjalankan ibadah puasa, tentunya banyak hal-hal kecil bisa menyebabkan batalnya puasa tanpa diketahui oleh orang-orang awam.

Satu diantaranya adalah membersihkan kotoran yang menumpuk di hidung dan telinga, maupun hanya sekedar memasukkan sesuatu ke dalam rongga kuping karena disebabkan rasa gatal.

Tidak sedikit yang bertanya-tanya mengenai kegiatan membersihkan kotoran di dalam hidung dan telinga bisa membatalkan puasa Ramadhan.

Lalu bagaimana hukumnya membersihkan kotoran di hidung (ngupil) dan telinga saat berpuasa? Apakah membatalkan ibadah puasa?

Hukum Membersihkan Kotoran di Dalam Hidung dan Telinga

Buya Yahya dalam kalan Youtube Al Bahjah TV menyebut, jika membersihkan kotoran di lobang hidung tidaklah membuat puasa seseorang menjadi batal.

Namun, terdapat ketentuan dalam membersihkan kotoran-kotoran didalam lobang hidung yang apabila dilanggar justru akan membatalkan puasa.

"Yang dimaksudkan membatalkan jika memasukkan sesuatu ke lobang hidung adalah lobang bagian atas, yang apabila kita masukkan adalah air kita akan merasa perih dan panas, apabila anda memasukkan sesuatu sampai disitu batal lah puasa anda," kata Buya Yahya dikutip dari Youtube Al Bahjah TV.

"Maka dari itu bagi siapapun yang punya hobi ngupil ternyata tidak membatalkan pusa asalkan ngupilnya yang wajar jangan sampai ke bagian lobang atas dan jangan dilakukan di tempat umum," lanjutnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved