Berita Palembang

DPW PAN Sumsel Target 12 Kursi DPRD Provinsi di Pemilu 2024, Saksi Jadi Fokus

DPW PAN Provinsi Sumsel menargetkan 12 kursi DPRD Provinsi Sumsel pada Pemilu 2024.

TRIBUN SUMSEL/ARIEF BASUKI ROHEKAN
Pra-acara roadshow Badan Saksi Nasional yang diadakan DPW PAN Sumsel di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Kamis (3/3/2022). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional (DPW PAN) Provinsi Sumsel saat ini sudah gencar melakukan berbagai agenda politik. Hal itu untuk mencapai target, 12 kursi DPRD Provinsi Sumsel pada Pemilu 2024.

"Target 12 kursi dari 10 dapil, tidak terlalu berat untuk direalisasikan jika benar-benar dipersiapkan sejak dini," tegas Sekretaris DPW PAN Sumsel Joncik Muhammad, pada pra-acara roadshow Badan Saksi Nasional di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Kamis (3/3/2022).

Ditegaskan Joncik, mereka sudah fokus menghadapi Pemilu Februari 2024, dan mulai saat ini PAN Sumsel dan jajarannya melakukan berbagai kegiatan, antara lain penyiapan dan penguatan saksi, pencalegan dini, serta persiapan verifikasi parpol oleh KPU pada bulan Mei tahun depan.

"Saya berharap PAN Sumsel beserta jajarannya menjadi yang tercepat dan terlengkap dalam melakukan tiga agenda tersebut, yakni penguatan saksi, pecalegan dini, dan verifikasi parpol," ujar Joncik yang juga menjabat Bupati Empat Lawang.

Lebih lanjut diungkapkan Joncik, dirinya sudah berpengalaman bagaimana cara meningkatkan perolehan suara PAN. Itu terjadi ketika dirinya menjadi pengurus DPP PAN yang Ketua Umumnya Ir HM Hatta Radjasa.

Ketika itu, ungkapnya, satu bulan sebelum Pemilu hasil survei dari hampir semua lembaga survei menyatakan bahwa PAN selalu dibawah angka 3,5 persen, sebagai ambang batas parlemen (parliementary threshold).

Apa yang terjadi? Menurut Joncik, ketika itu Pemilu 2014 perolehan suara PAN jauh melampaui angka survei, yakni mendekati 9 persen dengan sekitar 9 juta suara.

"Ini perolehan suara tertinggi sepanjang sejarah PAN," tegasnya.

Joncik yang juga Ketua Umum Majelis Wilayah Korp Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Sumsel mengungkapkan, keberhasilan PAN dalam mendulang suara antara lain karena faktor Caleg.

Untuk itu, pihaknya memandang perlu sejak dini untuk menyiapkan caleg-caleg berkualitas yang dibutuhkan rakyat.

Untuk mengetahui Caleg tersebut berkualitas atau tidak, kata Joncik pihaknya akan melakukan survei kepada setiap Caleg.

"Intinya partai akan mem-back up setiap caleg PAN dengan segala cara agar bisa mendapatkan kursi di dapilnya masing-masing,' tegasnya.

Kemudian kepada setiap anggota DPRD PAN se-Sumsel, Joncik mengingatkan agar tidak takut kehilangan kursi, sehingga tidak mau berkompetisi dengan caleg lain yang dianggap potensial mendulang suara di dapilnya.

Kader potensial harus dirangkul menjadi Caleg, dengan demikian PAN bisa mendapatkan kursi. Yang terjadi selama ini, banyak anggota DPRD yang takut jika di dapilnya ada caleg lain yang dianggapnya akan mengancam posisinya di DPRD, tapi akhirnya malah tidak dapat kursi sama sekali.

"Ini yang tidak kita inginkan. Targetkan dapat kursi dulu, dan bagi yang tidak jadi akan kita atur setiap bulan diberi kompensasi dari yang jadi," jelasnya.

Baca juga: Milad ke 356 Kesultanan Palembang Darussalam, SMB IV Jayo Wikramo Gelar Zikir dan Ziarah

Acara pra-roadshow ini diselingi penyerahan SK pengurus DPC PAN Kecamatan se-Sumsel oleh Sekretaris DPW kepada para Ketua DPD.

Roadshow Badan Saksi Nasional (BSN) dijadwalkan berlangsung Jumat (4/3/2022), dihadiri Ketua BSN DPP PAN, Zita Anjani Zulhas, Wasekjen Slamet, Ketua DPW PAN Sumsel Iskandar SE dan Sekretaris Joncik Muhammad.

Juga akan dihadiri KPPW Abdul Aziz Kamis, Ketua POK Fajar Febriansyah, Ketua Badan Saksi Sumsel Persi, dan para Ketua, Sekretaris dan Bendahara DPD PAN Kab/kota se-Sumsel, Ketua KPPD, serta Ketua Badan Saksi DPD se-Sumsel.

Baca berita lainnya langsung dari google news

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved