Breaking News:

Pengurus IKA FKM Unsri 2021-2025 Dilantik, Harus Memiliki Peran Nyata Untuk Kesehatan Masyarakat

Selain pelantikkan, usai rangkaian pelantikkan, IKA FKM Unsri juga menggelar seminar nasional yang dihadiri Civitas Akademika Unsri secara virtual. 

Editor: Slamet Teguh
IST
Pelantikkan IKA FKM Unsri di Hotel Zuri 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Pengurus Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat (IKA FKM) Universitas Sriwijaya periode 2021-2025 resmi dilantik.

Dengan ketua baru IKA FKM Unsri yakni Mardiana SKM. 

Pelantikkan itu disaksikan oleh Gubernur Sumsel, Herman Deru, Wakil Rektor I Unsri, Zainuddin, Wakil Sekjen IKA Unsri, Ir Suez Amir dan sejumlah akademika Unsri, di Hotel Zuri, Sabtu (15/1/2022). 

Selain pelantikkan, usai rangkaian pelantikkan, IKA FKM Unsri juga menggelar seminar nasional yang dihadiri Civitas Akademika Unsri secara virtual. 

Gubernur Sumsel, Herman Deru mengungkapkan, dalam kepengurusan yang baru ini harus ada gerakan terbaru dari IKA FKM Unsri. Sebab banyak dari masyarakat yang kesulitan dalam pengobatan ditengah pandemi. 

"Ketika pandemi ini baru kita disadarkan kesehatan masyarakat begitu penting tapi selama ini kita ketahui pengobatan begitu mahal. Saya ingin IKA FKM bisa membuat dirinya terlihat nyata dengan program-programnya yang dijalankan, masyarakat harus belajar mencegah sebelum jatuh sakit, " ujarnya. 

Selain mengucapkan selamat, orang nomor satu di Provinsi Sumsel ini mengingingkan IKA FKM Unsri memiliki kiprah yang jelas dan menjalin hubungan yang luas dengan organisasi sejenis lainnya. 

"Sejauh ini kinerja dan perannya belum terlihat secara langsung. Saya ingin IKA FKM Unsri membangun jejaring dan saling tukar pikiran dengan organisasi sejenis, " katanya. 

Baca juga: Lulus Sidang Ujian Disertasi di UNSRI, Yesi Resmi Bergelar Doktor Bidang Ilmu Teknik Informatika

Wakil Sekjen IKA Unsri Ir Suez Amir mengatakan, ada tiga tugas yang harus dikerjakan oleh IKA FKM Unsri. Dan salah satu target pengurus adalah mengakomodir semua database alumni yang belum masuk secara online.

"Pesan Ketua Umum Agung Firman Sampurna, IKA FKM memberikan sumbangsih saran dalam bidang kesehatan masyarakat baik secara nasional dan Sumsel. Lalu membuat database alumni, yang bisa dikerjasamakan dengan pengurus pusat IKA Unsri, " ujarnya. 

Selain itu pihaknya ingin IKA FKM dapat  berperan dalam program pokok Pemprov Sumsel meliputi penanganan Covid-19, pengentasan angka stunting dan lumbung pangan. 

"Ini sudah jadi tekad Pemprov Sumsel yakni Sumsel mandiri pangan. Sumsel yang menjadi lumbung pangan nomor 5 nasional sudah mencanangkan program mandiri pangan. Kami juga ucapkan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pengurus baru dan pengurus lama, " ungkapnya.

Di tempat yang sama Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya Dr Misnaniarti SKM MKM mengatakan, pihaknya telah merencanakan sejumlah kegiatan yang akan dilakukan untuk mendukung kompetensi para alumni. 

Dengan Ketua baru ia harap kinerja IKA FKM Unsri lebih ditingkatkan lagi. 

"Mahasiswa harus dibekali kompetensi bagaimana di situasi lapangan kerja nantinya, makanya kami harap para alumni bisa memberikan ilmu kepada mahasiswa sebelum terjun ke lapangan, " katanya. 
 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved