Breaking News:

Hari Ibu Nasional 2021

Kapan Hari Ibu Nasional 2021 Tanggal Berapa? Ini Sejarah dan Alasan Dipilih Tanggal Hari Ibu

Kapan Hari Ibu Nasional 2021 Tanggal Berapa? Ini Sejarah dan Alasan Penetapan Tanggal Hari Ibu

Penulis: Abu Hurairah | Editor: Abu Hurairah
IST
Kapan Hari Ibu Nasional 2021 Tanggal Berapa? Ini Sejarah dan Alasan Dipilih Tanggal Hari Ibu 

TRIBUNSUMSEL.COM - Kapan Hari Ibu Nasional 2021 Tanggal Berapa? simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Bulan Desember ini masyarakat Indonesia terdapat hari besar Nasional memperingati Hari Ibu Nasional pada 22 Desember 2021.

Momen Hari Ibu Nasional 22 Desember ini selalu diperingati setiap tahun.

Dikutip dari Buku Panduan Pelaksaan Peringatan Hari Ibu ke 92 Tahun 2020 yang dirilis Kemen PPPA, lahirnya Peringatan Hari Ibu tak lepas dari perjuangan para perempuan Indonesia.

Bibit kebangkitan perjuangan perempuan Indonesia telah dimulai sebelum masa kemerdekaan, yang ditandai perjuangan pendekar perempuan di berbagai tempat di Indonesia, seperti Tjuk Njak Dien di Aceh, Nji Ageng Serang di Jawa Barat, R.A Kartini di Jawa Tengah, serta masih banyak lagi yang lain.

Dalam kurun waktu setelah kelahiran Budi Utomo pada tahun 1908, banyak lahir perkumpulan perempuan di berbagai tempat, seperti Aisiyah, Wanita Katolik, Putri Merdeka, dan lain-lain.

Gema Sumpah Pemuda dan lantunan lagu Indonesia Raya yang pada tanggal 28 Oktober 1928 digelorakan dalam Kongres Pemuda Indonesia, menggugah semangat para pimpinan perkumpulan kaum perempuan untuk mempersatukan diri dalam satu kesatuan wadah mandiri.

Pada saat itu, sebagian besar perkumpulan masih merupakan bagian dari organisasi pemuda pejuang pergerakan bangsa.

Atas prakarsa para perempuan pejuang pergerakan kemerdekaan pada tanggal 22-25 Desember 1928, diselenggarakanlah Kongres Perempuan Indonesia yang pertama kali di Yogyakarta.

Satu dari beberapa hasil kongres itu yakni terbentuknya satu organisasi federasi yang mandiri dengan nama Perikatan Perkoempoelan Perempoean Indonesia (PPPI).

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved