Breaking News:

Berita Empat Lawang

Banyak Warga Pakai Kendaraan Plat Luar, Dewan Nilai PAD Empat Lawang dari Pajak Kendaraan Rendah

Anggota DPRD Empat Lawang Fraksi Partai Demokrat Hidayat Muhammad menilai PAD Empat Lawang dari Pajak Kendaraan Rendah

Penulis: Sahri Romadhon | Editor: Yohanes Tri Nugroho
TRIBUNSUMSEL.COM/SAHRI
Kantor UPTB Bapenda Provinsi Sumsel Kabupaten Empat Lawang. Dewan Nilai PAD Empat Lawang dari Pajak Kendaraan Rendah karena banyak kendaraan di empat lawang mengggunakan Plat Luar daerah. 

TRIBUNSUMSEL.COM, EMPAT LAWANG - Anggota DPRD Kabupaten Empat Lawang soroti Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bersumber dari pajak kendaraan roda dua dan roda empat yang terbilang rendah.

Sebab saat ini mayoritas plat kendaraan roda dua dan empat yang dimilki warga Empat Lawang mempunyai seri plat asal luar daerah.

"Kendaraan yang digunakan warga kita masih belum berseri Empat Lawang, dimana pajak yang dibayarkan dari kendaraan tersebut kembali ke pendapatan daerah," kata Hidayat Muhammad, Anggota DPRD Empat Lawang Fraksi Partai Demokrat. 

Ia mengatakan dari ratusan ribu kendaraan yang ada di Empat Lawang hanya beberapa persen saja yang berseri "S" yang merupakan seri Empat Lawang.

"Misal warga Kecamatan Sikap Dalam, Ulumusi Sampai Paiker, mayoritas serinya Provinsi Bengkulu, Kecamatan Pendopo Muara Pinang, dan Lintang Kanan serinya Kota Pagar Alam, terakhir kecamatan Tebing Tinggi dan Saling yang berseri Empat Lawang, itupun tidak banyak karena ada juga yang serinya Kota linggau dan Lahat," Katanya.

Ia berharap pemerintah daerah bisa memberi jalan untuk mempermudah warga melakukan mutasi plat nopol kendaraan ke seri Kabupaten Empat Lawang.

"Ada upaya semacam jemput bola langsung ke masyarakat agar warga melakulan mutasi plat nopol kendaraan, dengan dampak ke depan meningkatnya PAD," Tuturnya.

Sementara Kepala UPTB PPD Bapenda Sumsel Wilayah Empat Lawang, Eddy Revotiansyah, S.E, mengatakan proses pemutihan saat ini hampir mencapai target.

"Alhamdulillah setiap harinya ada saja warga yang membayar pajak, per awal Desember ini sudah mencapai 97 Persen dari target tahun ini," Katanya, Rabu (01/12/2021).

Baca juga: Sudah Tiga 3 Bulan Disdukcapil Empat Lawang Tak Bisa Cetak KTP dan KIA, Ini Sebabnya

Ia juga menghimbau untuk warga agar membayarkan pajak kendaraannya selagi masih ada keringanan denda pajak kendaraan hingga 20 Desember nanti. 

"Mumpung masih ada keringanan, yuk segerakan bayar pajak kendaraan jangan sampai terlewat," Tutup.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved