Breaking News:

Berita Kesehatan

4 Kabupaten di Sumsel Akan Dapat Bantuan USG, Ibu Hamil Periksa di Puskesmas Ditanggung BPJS

Pada 2022, sebanyak 4.180 puskesmas lain akan mendapatkan USG dan diharapkan pada 2023 sebanyak 10.205 puskesmas sudah memiliki layanan pemeriksaan

Penulis: Linda Trisnawati | Editor: Wawan Perdana
TRIBUNSUMSEL.COM/EKO
Foto Ilustrasi : Ibu Hamil dilakukan USG untuk mengetahui kondisi kandungan sebelum dilakukan vaksinasi di RSUD Siti Aisyah Lubuklinggau, Kamis (19/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Linda Trisnawati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) akan mengirimkan 4.180 USG ke seluruh Puskesmas di Indonesia di tahun 2022.

Ini adalah upaya pemerintah meningkatkan deteksi dini gangguan pada ibu hamil melalui pemeriksaan ultrasonografi atau USG di seluruh Puskesmas.

Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dr Lisa Marniyati menjelaskan, pada tahun 2022 akan ada 114 Kabupaten/kota yang lokus (yang menjadi prioritas) penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Indonesia.

Menurutnya, itu program kerja Kemenkes RI yang disalurkan berdasarkan usulan Kabupaten/Kota melalui dana DAK fisik untuk penurunan AKI dan AKB.

"Untuk di Sumsel yang bakal mendapat USG tersebut ada empat kabupaten yaitu Banyuasin, Musi Banyuasin (Muba), Ogan Komering Ulu (OKU), dan Musi Rawas Utara (Muratara)," katanya.

Menurut Lisa, untuk total jumlah belum diketahui secara pasti berapa banyak. Karena memang masih dalam proses.

Periksa di Puskesmas Ditanggung BPJS

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono di Jakarta, Kamis (25/11/2021), mengatakan, upaya yang maksimal harus dilakukan untuk menekan angka kematian ibu hamil di Indonesia.

Karena itu, strategi yang tepat perlu dijalankan, antara lain, dengan memperluas upaya penapisan layak hamil pada ibu dan pemantauan kesehatan secara berkala selama masa kehamilan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved