Breaking News:

Hari Guru Nasional 2021

Sejarah Singkat Hari Guru Nasional, Bertepatan dengan Didirikannya Persatuan Guru Republik Indonesia

Organisasi perjuangan guru-guru pribumi pada zaman Belanda berdiri pada tahun 1912 dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). Organisasi ini b

Tribun Sumsel
Sejarah Singkat Hari Guru Nasional, Bertepatan dengan Didirikannya Persatuan Guru Republik Indonesia 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Sejarah Singkat Hari Guru Nasional, Bertepatan dengan Didirikannya Persatuan Guru Republik Indonesia.

Organisasi perjuangan guru-guru pribumi pada zaman Belanda berdiri pada tahun 1912 dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB).

Organisasi ini bersifat unitaristik yang anggotanya terdiri dari para Guru Bantu, Guru Desa, Kepala Sekolah, dan Penilik Sekolah.

Tidak mudah bagi PGHB memperjuangkan nasib para anggotanya yang memiliki pangkat, status sosial dan latar belakang pendidikan yang berbeda.

Kesadaran kebangsaan dan semangat perjuangan yang sejak lama tumbuh, mendorong para guru pribumi memperjuangkan persamaan hak dan posisi dengan pihak Belanda.

Hasilnya antara lain adalah Kepala HIS yang dulu selalu dijabat oleh orang Belanda, satu per satu pindah ke tangan orang Indonesia.

Kapan Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) diubah jadi Persatuan Guru Indonesia (PGI)?

Hari Guru Nasional 25 November

Pada tahun 1932 nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI).

Pada zaman pendudukan Jepang segala organisasi dilarang, sekolah ditutup, Persatuan Guru Indonesia (PGI) tidak dapat lagi melakukan aktivitas.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved