Breaking News:

Aneka Tips

Tips Aman Berkendara di Jalan Tol, Paham Lajur, Pastikan Kondisi Prima

Head of Communication and Customer Service Management Asuransi Astra L. Iwan Pranoto membagikan beberapa tips aman berkendara di jalan tol:

Penulis: Hartati | Editor: Vanda Rosetiati
DOK HK PALINDRA
Jalan Tol Palembang-Indralaya (Palindra) di Sumatera Selatan. Head of Communication and Customer Service Management Asuransi Astra L. Iwan Pranoto membagikan beberapa tips aman berkendara di jalan tol. 

TRIBUNSUMSEL.COM - Jalur tol sering dipilih oleh pengendara karena dirasa lebih memberikan kelancaran dan kecepatan saat berkendara dibandingkan jalur biasa yang kerap macet dan ada hambatan lainnya yang tidak terduga.

Memang keberadaan tol ini menjadi salah satu solusi pengurai kepadatan lalu lintas di perkotaan.

Namun dengan keberadaan jalur tol yang lengang dan kondisi jalanan yang bagus, terkadang membuat para pengemudi terkadang menyepelekan aturan-aturan saat berkendara di dalam tol.

Secara disadari atau tidak, dengan menyepelekan aturan tersebut sebenarnya berpotensi menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Head of Communication and Customer Service Management Asuransi Astra L. Iwan Pranoto membagikan beberapa tips aman berkendara di jalan tol:

1. Pahami penggunaan lajur di jalan tol

Di jalan tol terdapat pembagian lajur sesuai dengan kecepatan kendaraan.

Lajur sebelah kanan diperuntukkan bagi kendaraan yang bergerak lebih cepat atau diperuntukkan untuk menyusul dan lajur kiri diperuntukkan bagi kendaraan yang memiliki kecepatan yang lebih lambat atau tergolong kendaraan besar seperti bus dan truk.

Selain itu, terdapat bahu jalan di luar tiga lajur utama, fungsinya digunakan hanya untuk kendaraan yang berada dalam keadaan darurat, misal mobil ambulans.

2. Jangan memacu kendaraan melebihi batas kecepatan aman

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved