Breaking News:

Berita Palembang

Tak Puas Dengan PON, Jack Komboy Ingin Papua Jadi Tuan Rumah Event Olahraga Tingkat Internasional

Tak Puas Dengan PON, Jack Komboy Ingin Papua Jadi Tuan Rumah Event Olahraga Tingkat Internasional

Penulis: Rachmad Kurniawan | Editor: Slamet Teguh
TRIBUN SUMSEL/RACHMAD KURNIAWAN
Kepala Newsroom Tribun Sumsel-Sriwijaya Post Hj Wenny Ramdiastuti berbincang dengan Ketua Pansus PON Papua dan Papernas 2021 Jack Komboy, Sabtu (20/11/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Pasca Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX digelar, Ketua Pansus PON dan Peparnas DPRD Provinsi Papua Jack Komboy ingin tanah kelahirannya itu menjadi salah satu lokasi event olahraga tingkat nasional dan internasional.

Hal ini ia ungkapkan saat bincang-bincang dengan Tribunsumsel, Sabtu (20/11/2021).

Menurut dia, fasilitas venue olahraga yang telah dibangun Pemprov Papua untuk pelaksanaan PON, ketika sudah dijaga dan dikelola dengan baik. Bukan tidak mungkin Papua akan jadi tuan rumah salah satu event olahraga.

"Di Barat ada Palembang di Timur ada Papua jadi tinggal pilih. Kami ingin jadi penyelenggara event olahraga, seperti Asian Games 2018 lalu Palembang bersama Jakarta. Kami minta kepada Presiden jika ada event olahraga internasional apapun selanjutnya, Papua juga dilibatkan dan ditunjuk jadi tuan rumah," ungkap Jack Komboy.

Untuk mencapai itu butuh perjuangan, Pemprov Papua dan Pemprov Sumsel siap menjalin kerjasama dalam pengembangan bidang olahraga.

"Kami sudah komunikasi dengan Kadispora  dan Kepala Bappeda Papua ketika diskusi kemarin. Dan disambut baik, " katanya.

Baca juga: Hasil Sepakbola Porprov 2021 Pali vs Banyuasin : Malik Irzan Bawa Pali Menang Dengan Tiga Golnya

Baca juga: Atlet Basket Banyuasin yang Sakit di Porprov Tak Terima Bantuan, Pengurus Pakai Dana Pribadi

Selama PON berlangsung antusias masyarakat Papua begitu tinggi sehingga semua venue selalu terisi penuh terutama Stadion sepakbola Mandala Jayapura.

"Terlebih lagi stadion sepakbola Mandala selalu penuh, ya tidak bisa dipungkiri sepakbola sudah menjadi segala-galanya bagi kami. Saya ucapkan terimakasih kepada pak Gubernur Provinsi Papua yang sudah menampilkan Papua sebagai Provinsi yang bakal menjadi Provinsi olahraga, " jelasnya.

Karena itu pihaknya kini segera menerapkan Inpres nomor 3 tahun 2019 tentang sepakbola.

Selain dampak ekonomi yang dirasakan masyarakat Papua selama atau pasca PON, Jack juga menyebutkan percepatan perbaikan infrastruktur juga ikut mendapat berkahnya.

"Dengan event olahraga, ada percepatan pembangunan untuk mendukung PON seperti perbaikan jalan dan jembatan ikut terdampak luar biasa, " pungkasnya. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved