Breaking News:

Berita Palembang

Ribuan ODGJ Terdata di Lahat, Kecamatan Jarai Terbanyak Ada 125 Pasien Terdata di Puskesmas

per September 2021 ada 1.087 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kabupaten Lahat dan terbanyak berada di wilayah Puskesmas Kecamatan Jarai.

Editor: Vanda Rosetiati
SRIPO/EHDI AMIN
Kasi P2 PTM, Keswa dan Nafza Dinkes Sumsel Farlian Fardan mendata per September 2021 ada 1.087 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kabupaten Lahat dan terbanyak berada di wilayah Puskesmas Kecamatan Jarai. 

TRIBUNSUMSEL.COM, LAHAT - Catatan Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat per September 2021 ada 1.087 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kabupaten Lahat dan terbanyak berada di wilayah Puskesmas Kecamatan Jarai.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat, Taufik M Putra melalui Kabid P2P, Aiwa Marlina SKM MM didampingi Kasi P2 PTM, Keswa dan Nafza, Farlian Fardan menuturkan keberadaan ODGJ di setiap wilayah Fasilitas Kesehatan (Faskes) Puskesmas itu ada. Namun, untuk wilayah Puskesmas terbanyak berada di Puskesmas Jarai sebanyak 125 pasien ODGJ, lalu Bandar Jaya 90 pasien, Muara Tiga 69 pasien dan Sukamerindu 68 pasien.

"Untuk sisanya itu tersebar di setiap kecamatan, itu empat puskesmas tertinggi yang ada pasien ODGJ,"ujarnya, Senin (15/11/2021).

Pihak puskesmas kata Farlian, memberikan pelayanan pendampingan makan obat serta melakukan edukasi kepada pasien dan keluarga dengan cara melakukan kunjungan ke tempat pasien. "Puskesmas juga melakukan pemantauan terhadap pasien ODGJ ini, bagaimana perkembangannya,"jelasnya.

Sementara, diakaui Farlian, faktor penyebab ODGJ kebanyakan dari penyalagunaan Napza (narkotika, aibon dan obat-obat lainnya), bahkan kebanyakan di usia yang masih produktif. “Kebanyakan dari Napza faktor utamanya. Selain itu juga”sampainya. (ean)

Baca juga: Polres Lubuklinggau Terus Lakukan Pengembangan Jaringan Sabu 13 Kg

Baca berita lainnya langsung dari google news

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved