Breaking News:

Berita Palembang

Disbun Sumsel Prediksi Kenaikan Harga TBS Sawit Sumsel Hingga Akhir Tahun

Harga TBS sawit pada November periode pertama tahun 2021 Rp 3.149 per kg. Kenaikan Harga Sawit sumsel diprediksi akan berlangsung hingga akhir tahun

TRIBUNSUMSEL.COM/WINANDO
Harga Sawit Sumsel periode Pertama Bulan November 2021 menembus Rp 3.149,87 rupiah per kilogram. 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Linda Trisnawati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Harga tandan buah segar (TBS) sawit trendnya sedang naik. Untuk di Sumatera Selatan (Sumsel) harga TBS ditentukan dua Minggu sekali.

Untuk harga TBS sawit pada November periode pertama tahun 2021 Rp 3.149 per kg, atau naik Rp 266,54 per kg dibandingkan Oktober periode kedua di 2021.

"Kenaikan harga TBS ini diprediksi akan terjadi sampai akhir tahun," kata Kabid Pengolahan dan Pemasaran Hasil Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel Rudi Arpian MSi, Minggu (14/11/2021).

Menurut Rudi, naiknya bertahap, pelan tapi pasti.

Untuk itu kepada petani sawit agar meningkatkan produksi dan tingkatkan produktivitas sawit yang ada, mumpung sedang naik.

Lebih lanjut ia menjelaskan, naiknya harga TBS ini dikarenakan permintaan yang naik.

Secara global kenaikan ini memang dikarenakan permintaan naik, sebab jika dibandingkan kompetitor seperti minyak biji matahari ataupun kedelai yang harganya lebih tinggi dibandingkan sawit.

"Untuk itulah kelapa sawit lebih banyak diminati. Selain itu sawit ini banyak turunnya seperti untuk kosmetik, penganti minyak bumi, bahkan dibuat biodiesel dengan energi terbarukan," katanya.

Menurut Rudi, kenaikan permintaan inilah yang berimbas pada kenaikan harga TBS. Terlebih permintaan ekspor sedang meningkat dan kebutuhan dalam negeri juga meningkat. 

Seperti India mereka menurunkan pajak ekspor, sehingga mereka megimport dari Indonesia. Untuk pasar ekspor kita seperti ke India, Cina, Amerika dan lain-lain," katanya.

Sebagai informasi luasan lahan sawit yang ada di Sumsel 198.543 hektare untuk Perkebunan Rakyat (swadaya murni). Lalu 260.881 hektare untuk Perkebunan Sawit Swasta (PBS) Plasma. 

Baca juga: Harga Sawit Naik, Abas Petani Sawit di Muratara Tak Ingin Euforia, Pilih Menabung untuk Beli Kebun

Sedangan berdasarkan data dari Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel, untuk ekspor sawit dalam bentuk karnel dan crude palm oil totalnya 234,891,219 kg untuk 2021, yany diekspor ke Thailand, India, Vietnam dan lain-lain.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved