Breaking News:

Universities Virtual Career Expo 2021 Wujudkan Indonesia Emas 2045

CARNAVAL UVCE telah dimulai sejak April 2021 lalu, para inisiator sudah beberapa kali mengadakan pertemuan baik secara daring dan during

Editor: Vanda Rosetiati
HANDOUT UNIVERSITAS BINA DARMA
Beberapa perguruan tinggi termasuk Universitas Bina Darma (UBD) telah sukses melaksanakan CARNAVAL Universities Virtual Career Expo (UVCE) 2021. Kegiatan ini sudah berlangsung selama 5 hari tanggal 25-29 Oktober 2021 lalu. 
  • Webinar CARNAVAL UVCE diikuti sebanyak 3.414 peserta
  • CARNAVAL UVCE 2021 dikunjungi sebanyak 37.362 peserta dari Pulau Sumatera
  • CARNAVAL UVCE 2021 menghasilkan terdapat 2.847 ajuan lamaran pekerjaan

TRIBUNSUMSEL.COM - Indonesia digadang akan mencapai masa keemasan pada tahun 2045 tepat saat usia kemerdekaan mencapai 100 tahun. Perguruan Tinggi diharapkan dapat mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas.

Untuk itu diperlukan suatu inovasi semua pihak untuk bergerak Bersama dalam mewujudkan Indonesia Emas dengan bonus demografi dimana penduduk Indonesia 70%-nya dalam usia produktif (15-64 tahun) pada tahun 2045.

Dalam upaya tersebut, beberapa perguruan tinggi bersama Universitas Sriwijaya (Unsri), Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP), Universitas Multi Data Palembang (UMDP) dan Universitas Bina Darma (UBD) telah sukses melaksanakan CARNAVAL Universities Virtual Career Expo (UVCE) 2021 . Kegiatan ini sudah berlangsung selama 5 hari tanggal 25-29 Oktober 2021 lalu.

Kegiatan ini juga diikuti oleh peserta dari berbagai perguruan tinggi di Sumbagsel, Lampung, Babel dan Bengkulu.

Inisiasi kegiatan CARNAVAL UVCE telah dimulai sejak April 2021 lalu, para inisiator sudah beberapa kali mengadakan pertemuan baik secara daring dan during Bersama para pengelola pusat karir atau pengelola kemahasiswaan / alumni di beberapa perguruan tinggi.

"Dari beberapa kali pertemuan tersebut dihasilkan kesepakatan bersama untuk saling bersinergi dalam mencapai capaian depan yaitu Indonesia Emas dan target saat ini yaitu meningkatkan serapan alumni dan penempatan pemagangan mahasiswa sesuai dengan semangat Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Indikator Kinerja Utama (IKU) Universitas yang digadang-gadang sejak awal tahun 2021 ini," paparDeris Stiawan. Ph.D., IPU (Unsri) didampingi Fahmi Sulaiman, MSi (Ketua CDC UMP), Dr. Edi Surya Negara, M.Kom (Wakil Rektor UBD) dan Dedy Hermanto, M.T.I (Wakil Rektor UMDP).

CARNAVAL UVCE 2021 mencoba untuk memulai sinergi bersama yang berkelanjutan dan juga kolaborasi antara perguruan tinggi, industri, dan pemerintah untuk menjadi satu sistem yang saling menguatkan, agar menjadi mesin pertumbuhan bangsa. Perguruan tinggi tidak lagi berdiri sendiri, melainkan sebagai produsen iptek-inovasi dan pusat keunggulan.

Kemudian hasilnya dapat dikolaborasikan dengan kebutuhan industri dan berkembang bersama-sama. Seperti kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka untuk merelevansikan lulusan dengan kebutuhan masyarakat dan industri.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah daya serap alumni fresh graduated perguruan tinggi sehingga kebutuhan pemenuhan standar Indikator Kinerja Utama pada Indikator pertama berupa jumlah alumni yang mendapat pekerjaan atau pun memiliki usaha mandiri/wirausha serta melanjutkan studi, dapat terpenuhi dengan baik.

CARNAVAL UVCE 2021 ini dibagi menjadi tiga kegiatan utama berupa (1) human resourch days, (2) counseling days dan (3) scholarship days. Diberikannya materi-materi menarik yang dapat membekali job seeker seputar dunia kerja dan working culture di perusahaan tersebuat.

Dalam rekaman data webinar terdapat 3.414 peserta yang mengisi absen sejak tanggal 25 Oktober – 29 Oktober dengan menghardirkan para HR perusahaan memberikan insight kepada para alumni. Total kunjungan sebanyak 37.362 pengunjung dengan menghasilkan 2.847 ajuan lamaran ke 19 perusahaan yang membuka lowongan kerja, sesuai jejak pada platform https://m2.imeet.id/uvce2021/

Kegiatan ini telah mengundang perusahaan / instansi yang sedang mencari tenaga kerja untuk berpartisipasi sebagai peserta untuk melakukan pameran, presentasi perusahaan, rekrutmen dan wawancara. Selain itu diundang pula para lembaga perantara dana beasiswa untuk melakukan pameran dan mempresentasikan beasiswa yang ditawarkan kepada pengunjung.

Untuk peserta yang ingin mendapatkan kiat merintis usaha sendiri melalui Kewirausahaan, telah ada strategi khusus dari kehadiran pembicara Ketua Hipmi Sumsel (Himpunan Pengusahaan Muda Indonesia) dan penggiat perusahaan start-up. UVCE juga telah mengadakan kegiatan konsultasi karir secara gratis melalui platform I-CARE bersama puluhan psikolog dari berbagai biro konsultasi karir.

Sampai jumpa pada CARNAVAL UVCE 2022 dengan lebih banyak pihak terlibat dan tentunya semakin banyak memudahkan para alumni mencari peluang pekerjaan.

Baca berita lainnya langsung dari google  news

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved