Breaking News:

Kenakan Baju Adat Aceh Ganjar Jadi Peserta Upacara Sumpah Pemuda

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengaku bangga bisa hadir upacara Peringatan Sumpah Pemuda yang digelar forum persaudaraan antar etnis nusantara.

Editor: Vanda Rosetiati
HANDOUT
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku bangga bisa menghadiri upacara Peringatan Sumpah Pemuda yang digelar Forum Persaudaraan antar Etnis Nusantara, Kamis (28/10/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku bangga bisa menghadiri upacara Peringatan Sumpah Pemuda yang digelar Forum Persaudaraan antar Etnis Nusantara.

Upacara dilakukan di Asrama Mahasiswa Aceh Pocut Meurah Intan, Tembalang Kota Semarang, Kamis (28/10/2021).

"Saya diundang, ternyata mereka menggelar upacara Sumpah Pemuda dengan sederhana. Petugasnya ya dari mereka sendiri, ini pembina upacaranya mas Zulkifli Mustafa dari Muna. Menurut saya ini unik dan menarik," ucapnya.

Apalagi, mereka juga telah merumuskan sumpah dan janji baru sebagai pemuda-pemudi masa kini. Sumpah dan janji itu dibuat untuk melengkapi tantangan berikutnya dari pemuda era sekarang.

"Saya senang dan merasa bangga bisa hadir di sini. Apalagi, mereka juga upacara dengan pakaian adat dari masing-masing daerah. Ternyata baju adat kita dahsyat, teknologi pembuatannya juga tinggi," jelasnya.

Ganjar juga mengomentari prosesi upacara Sumpah Pemuda yang sangat sederhana itu. Anak-anak muda itu berhasil menggelar acara dengan kreatif dan menarik.

"Tidak harus yang rumit-rumit, yang penting substansinya mereka dapat. Mereka bisa saling ketemu, saling kenal dan ngobrol bareng. Mereka senang, dan yang paling penting adalah mereka semua menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan," ujarnya.

Dalam upacara tersebut Ganjar hadir bukan sebagai inspektur melainkan peserta biasa. Ia memang diundang oleh para mahasiswa itu untuk ikut dalam upacara.

Usai pengibaran bendera, salah satu mahasiswa yang bertindak sebagai pembina upacara memberikan amanat.

Dalam amanatnya, pembina upacara yang diketahui bernama Muhammad Zulkifli asal Muna, Sulawesi Utara itu mengajak peserta menggelorakan kembali semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved