Breaking News:

Tips Mengembangkan Bisnis UMKM Secara Online

Di era yang serba digital seperti sekarang memang tak mudah jika mengembangkan suatu bisnis secara offline saja.

Editor: Vanda Rosetiati
HANDOUT
Pemilik bisnis UMKM yang ingin mengembangkan usaha di era digital seperti sekarang, coba pertimbangkan untuk melakukannya secara online. 

Meta Desc: Pebisnis yang tidak ingin sukses di era digital saat ini? Yuk, simak artikel ini biar tahu tips-tips kembangkan bisnis UMKM secara online!

Kamu termasuk salah satu pemilik bisnis UMKM yang ingin mengembangkan usaha di era digital seperti sekarang? Coba kamu pertimbangkan untuk melakukannya secara online. Mengapa? Karena persaingan di dunia bisnis yang makin kompetitif mengharuskan kamu untuk pandai-pandai dalam menyusun strategi baru.

Salah satunya adalah melalui jalur online melalui perangkat digital. Namun sayangnya, masih banyak pengusaha UMKM yang masih kebingungan bagaimana cara mengembangkan usaha mereka menggunakan cara ini.
Untuk itu, simak artikel berikut sampai habis untuk mengetahui apa saja tips mengembangkan bisnis UMKM secara online!

Tips Kembangkan Bisnis UMKM secara Online

Di era yang serba digital seperti sekarang memang tak mudah jika mengembangkan suatu bisnis secara offline saja. Itulah sebabnya, kamu harus ubah strategi dan menjadikan bisnis UMKM kamu go digital untuk meningkatkan peluang dalam mengembangkan bisnis.

Lalu, apa saja tips yang bisa kamu lakukan? Simak penjelasan berikut ini!

1. Pelajari Pengetahuan Seputar Dunia Digital

Sebelum menerapkan strategi pengembangan bisnis UMKM secara online, tentu kamu harus membekali dirimu dengan pengetahuan seputar dunia digital. Cobalah untuk belajar update informasi, melakukan pengamatan, serta belajar menganalisis peluang pasar.
Biasakan juga diri kamu menggunakan perangkat digital sebagai ‘senjata’ untuk mengembangkan bisnis kamu. Mulai dari mencari informasi, promosi, hingga pelayanan.

Ada banyak fitur-fitur digital yang menarik dan dapat mempermudah kamu dalam mengembangkan UMKM kamu. Bahkan banyak juga yang bisa memangkas lebih banyak tenaga, waktu, dan biaya.
Oleh karena itu, sebaiknya, kamu pelajari terlebih dahulu fitur digital apa saja yang dibutuhkan untuk mendukung pengembangan bisnis kamu.

2. Tingkatkan Kualitas Produk Kamu

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved