Breaking News:

Berita Pemprov Sumsel

Fokus Sampaikan Data Geospasial, Pemprov Sumsel Dapat Penghargaan “Big Top Geospasial

Penghargaan yang telah diterima Pemprov Sumsel merupakan bentuk apresiasi dari BIG atas partisipasi Sumsel dalam melakukan sharing data geospasial

Humas Pemprov Sumsel
Pemprov Sumsel mendapatkan penghargaan “Big Top Geospasial Data Sharing Kategori Provinsi” dari Badan Informasi Geospasial (BIG) RI. 

TRIBUNSUMSEL.COM, BOGOR- Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dibawah kepemimpinan Gubernur H Herman Deru kembali menorehkan prestasinya ditingkat nasional.

Terbaru Pemprov Sumsel mendapatkan penghargaan “Big Top Geospasial Data Sharing Kategori Provinsi” dari Badan Informasi Geospasial (BIG) RI.

Penghargan tersebut diterima pada puncak perayaan Hari Ulang Tahun BIG ke 52 sekaligus peringatan Hari Informasi Geospasial (HIG) yang diselenggarakan di Sentul Bogor yang diterima Gubernur Herman Deru diwakili Kepala Bappeda Prov Sumsel Dr. Ir. H. Firmansyah, M.Sc, pada Selasa (19/10/2021).

Gubernur Herman Deru melalui Kepala Bappeda Prov Sumsel Dr. Ir. H. Firmansyah menegaskan, penghargaan yang telah diterima Pemprov Sumsel dari Badan Informasi Geospasial (BIG) tersebut merupakan bentuk apresiasi dari BIG atas partisipasi Sumsel dalam melakukan sharing data geospasial melalui Jaringan Informasi Geospasial Daerah (JIGD) Provinsi Sumsel.

“Sampai dengan saat ini, Pemerintah Provinsi Sumsel sudah mengupload data geospasialnya di geoportal Sumsel sebanyak 1.189 metadata yang merupakan data terbanyak yang di sharing berdasarkan kategori Provinsi,” papar Firmansyah.

Keberhasilan ini lanjut Firmansyah merupakan bentuk dukungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kepada Pemerintah Pusat dalam memformulasi ide terobosan yang inovatif dalam pemanfaatan informasi geospasial, mengakselerasi penyelesaian permasalahan tumpang tindih pemanfaatan ruang, serta mendorong pemanfaatan Informasi Geospasial dalam berbagai pengambilan keputusan yang berdampak pada hajat hidup masyarakat untuk mewujudkan Satu Peta, Satu Data, Menuju Indonesia Emas.

Data geospasial yang sudah diupload ini kanjutnya, dapat dimanfaatkan oleh seluruh pihak untuk kepentingan perencanaan yang dapat mendukung pelaksanaan pembangunan lebih akurat dan lebih cepat.

“Dengan diterimanya penghargaan ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dapat menyediakan data-data spasial yang lebih baik, lebih akurat sesuai harapan Presiden untuk perwujudan kedaulatan data geospasial yang akurat dan lengkap,” imbuhnya.

Firmansyah menyebut di Tahun 2018 sebelumnya, Pemprov Sumsel juga pernah mendapat penghargaan dalam kategori Informasi Geospasial Bhumandala Kencana (Pemanfaatan Simpul Jaringan Terbaik Kategori Provinsi) dan Bhumandala Rajata (Pembangunan Simpul Jaringan Terbaik Kategori Provinsi).

“Demikian juga Pada tahun 2020, juga telah meraih 2 penghargaan sekaligus dari BIG dalam Bhumandala Award 2020, yaitu Penghargaan Bhumandala Simpul Jaringan Informasi Geospasial Tahun 2020 berupa Bhumandala Kanaka (Simpul Jaringan Kategori Provinsi) dan Bhumandala Kencana (Pemanfaatan Simpul Jaringan Terbaik Kategori Provinsi),” tandasnya.

Pada puncak ulang tahun ke-52 Badan Informasi Geospasial (BIG) yang mengambil tema “Satu Peta Satu Data Menuju Indonesia Emas” tersebut, Presiden RI, Joko Widodo dalam sambutannya menegaskan, Informasi Geospasial sangat penting untuk memetakan secara akurat Sumber Daya Alam (SDA), lingkungan, maupun mineral yang dimiliki suatu wilayah.

“Kedaulatan data geospasial yang akurat dan lengkap sangat diperlukan untuk mengambil keputusan dan mempercepat penataan ruang, hal ini akan meneguhkan komitmen BIG sebagai penyelenggara Informasi Geospasial,” tegas Jokowi.

Diketahui berbagai rangkaian acara memeriahkan HIG dan HUT ke-52 BIG. Rangkaian acara tersebut mulai dari sosialisasi, talkshow, webinar, dialog, seminar geomatika, peluncuran BIG BerAKHLAK, pertisipasi dalam UNGGIM-AP, penyerahan arsip statis BIG ke ANRI, pemberian penghargaan lainnya

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved