Breaking News:

WADA Adalah Badan Antidoping Dunia, Ini Cara Kerja, Tugas dan Tujuan Terbentuknya

WADA menyebut Indonesia tidak patuh dalam menerapkan program pengujian yang efektif. Selain Indonesia, ada juga Korea Utara dan Thailand

Editor: Wawan Perdana
Tribunsumsel.com
WADA adalah singkatan dari World Anti-Doping Agency. Dalam Bahasa Indonesia disebut Badan Anti-Doping Dunia 

TRIBUNSUMSEL.COM-WADA adalah singkatan dari World Anti-Doping Agency. Dalam Bahasa Indonesia disebut Badan Anti-Doping Dunia. Sejak Jumat (8/10/2021), WADA ramai disebut.

Berdasarkan laporan Reuters, WADA menyebut Indonesia tidak patuh dengan prosedur dalam menjalankan anti-doping di Tanah Air.

WADA menyebut Indonesia tidak patuh dalam menerapkan program pengujian yang efektif. Selain Indonesia, ada juga Korea Utara dan Thailand.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali langsung memberikan klarifikasi soal pernyataan WADA yang dilaporkan Reuters.

Zainudin Amali mengatakan bahwa pernyataan WADA ini menyusul pengiriman sampel dari Lembaga Antidoping Indonesia (LADI) yang tidak sesuai rencana.

Secara garis besar, Zainudin mengatakan bahwa Indonesia masih memiliki waktu untuk melakukan klarifikasi kepada WADA.

"Benar bahwa kami mendapat surat dari WADA (pada bulan September) dan dianggap tidak patuh. Namun, sesuai apa yang sudah disampaikan WADA dalam suratnya, kami punya waktu untuk mengklarifikasi. Jadi tenggat waktunya kira-kira 21 hari," kata Menpora Zainudin Amali dalam konferensi pers virtual, Jumat (8/10/2021) sore WIB.

Tujuan WADA

Melansir laman resmi mereka, tujuan terbentuknya WADA ada dua hal:

1. Untuk melindungi hak dasar atlet agar berpartisipasi dalam olahraga bebas doping dan dengan demikian meningkatkan kesehatan, keadilan dan kesetaraan antar-atlet di seluruh dunia.

Halaman
12
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved