Breaking News:

Berita Palembang

Pelantikan Pengurus FKUP Sumsel, Pesan Gubernur Sumsel Herman Deru, 'Banyak-banyak Koordinasi'

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru resmi melantik Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sumsel periode 2021-2026.

Penulis: Linda Trisnawati | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/LINDA TRISNAWATI
Gubernur Sumsel Herman Deru saat di Griya Agung, Kamis (7/10/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru resmi melantik Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sumsel periode 2021-2026.

"Kepada yang baru dilantik saya ucapan selamat. Untuk FKUB banyak-banyak berkoodinasi," kata Deru saat memberikan kata sambutan di Pelantikan Pengurus FKUB Provinsi Sumsel periode 2021-2026 di Griya Agung, Kamis (7/10/2021).

Menurut Deru, jangan hanya berkoordinasi dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) saja tapi diinstansi lainnya juga.

"FKUB ini modal paling fundamental bagi pemerintah daerah untuk membangun. Tanpa kerukunan dan kedamaian tidak mungkin kita bisa membangun," ungkapnya.

Menurut Deru, terkait konflik internal di agama tertentu pun harus juga jadi tugas dari FKUB, minimal diutus untuk meredakannya.

Apalagi jika ada cikal bakal konflik, atau potensi konflik yang ada antar umat beragama. Itu lebih harus diperhatikan sejak dini, agar jadi reda dan rukun.

"Kita mempercayakan kepada Mal An dan teman-teman untuk dapat mengelola kerukunan antar umat beragama, melalui wadah masing-masing," katanya

Baca juga: PTM Terbatas di Palembang Masih Berjalan, Siswa SMAN 6 Palembang Ikuti PHB Secara Onilne dan Offline

Sementara itu Ketua FKUB Provinsi Sumatera Selatan Mal An Abdullah mengatakan, memang perlu dibangun jaringan kerja kerukunan yang konkret di semua tingkatan.

"Harus diwujudkan sebuah jaringan kerja sosial yang akrab sampai tingkat terbawah, di akar rumput. Dengan melibatkan semua pihak," katanya.

Menurut Mal An, mari melihat upaya kerukunan sebagai panggilan. Bukam hanya panggilan kemanusiaan, tetapi lebih dari itu. Panggilan suci yang lahir dari kesadaran iman yang mendalam dan sejati.

Baca berita lainnya langsung dari google  news

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved