Breaking News:

Tips dan Trik Mobil

Isi Bensin Mobil Malam atau Siang Hari Agar Dapat Takaran Lebih Banyak, Ini Kata Pertamina

Asumsinya adalah bila siang hari, BBM yang tersimpan di tangki penyimpanan mengalami penguapan karena suhu panas terik matahari.

Editor: Siemen Martin
ISTIMEWA
PT Pertamina Patra Niaga Region Sumbagsel senantiasa menjaga agar stok dan penyaluran BBM jenis Solar di Provinsi Lampung dalam kondisi aman. Solar termasuk BBM Jenis Bahan Bakar Tertentu (JBT) sehingga penyalurannya disesuaikan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Regulator. 

TRIBUNSUMSEL.COM - Mengisi bahan bakar minyak jadi kewajiban setiap pemilik kendaraan.

Ketika membeli BBM di SPBU, setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda, misalnya saja terkait waktu pengisian yang tepat agar mendapat takaran lebih banyak.

Salah satu anggapan yang cukup ramai diyakini oleh masyarakat yaitu waktu terbaik mengisi bahan bakar di SPBU yaitu pada malam hari ketimbang siang hari.

Asumsinya adalah bila siang hari, BBM yang tersimpan di tangki penyimpanan mengalami penguapan karena suhu panas terik matahari.

Oleh karena itu, menurunnya suhu pada malam hari membuat BBM menjadi menyusut atau lebih padat sehingga bisa memberikan BBM lebih banyak.  

Lantas, apakah anggapan itu benar?

Putut Andriatno selaku Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial and Trading mengatakan, BBM memiliki sifat mengikuti perubahan temperatur lingkungan sekitar.

Menurutnya penguapan tersebut memang benar adanya, namun untuk jumlah BBM yang menguap tidaklah banyak.

"Perbedaan suhu memang mempengaruhi kepadatan cairan (BBM), akan tetapi tidak terlalu mempengaruhi terhadap volume BBM," ujar Putut kepada GridOto.com, Rabu (6/10/2021).

Sehingga untuk volume BBM yang didapat konsumen ketika mengisi di malam hari atau siang hari relatif sama.

Oleh karena itu, Putut menegaskan waktu yang tepat untuk mengisi BBM merupakan sesuai kebutuhan konsumen itu sendiri.

"Jadi tidak ada waktu terbaik untuk mengisi BBM, waktu terbaik adalah saat konsumen membutuhkan," pungkasnya.


Artikel tayang di Gridoto

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved