Breaking News:

Seputar Islam

Bacaan Surat Ar-Rahman 78 Ayat Lengkap Arab, Latin dan Artinya, Hadist Mahar Berupa Hafalan Al-Quran

Mahar merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk harta yang nantinya menjadi hak istri atau kewajiban bagi suami setelah melakukan akad nikah. Maha

Tribun Sumsel
Bacaan Surat Ar-Rahman 78 Ayat Lengkap Arab, Latin dan Artinya, Hadist Mahar Berupa Hafalan Al-Quran 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Bacaan Surat Ar-Rahman 78 Ayat Lengkap Arab, Latin dan Artinya, Hadist Mahar Berupa Hafalan Al-Quran.

Mahar merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk harta yang nantinya menjadi hak istri atau kewajiban bagi suami setelah melakukan akad nikah.

Mahar tidak termasuk rukun dan syarat dalam sahnya sebuah akad pernikahan.

Mahar tidak memiliki batasan maksimal ataupun minimal, tapi haru memiliki nilai atau harga.

Lalu bagaimana dengan Surat Ar-Rahman yang biasanya dijadikan mahar ketika menikah?

Dalam sebuah riwayat dikisahkan sebagai berikut:

Dari Sahl bin Sa’d As-Sa’idi, dia berkata: Seorang wanita datang menemui Rasulullah SAW seraya berkata; “Wahai Rasulullah, saya datang untuk menyerahkan diriku kepadamu.” Maka Rasulullah melihat wanita tersebut dari atas sampai ke bawah lalu menundukkan kepalanya. Kemudian wanita tersebut duduk setelah melihat beliau tidak memberi tanggapan apa-apa, maka berdirilah salah seorang sahabatnya sambil berkata; “Wahai Rasulullah, jika anda tidak berminat dengannya, maka nikahkanlah saya dengannya.”

Beliau bersabda: “Adakah kamu memiliki sesuatu sebagai maskawinnya?” Jawab orang itu; “Tidak, demi Allah wahai Rasulullah.” Beliau bersabda: “Temuilah keluargamu, barangkali kamu mendapati sesuatu (sebagai maskawin).” Lantas dia pergi menemui keluarganya, kemudian dia kembali dan berkata; “Demi Allah, saya tidak mendapatkan sesuatu pun.” Maka Rasulullah bersabda: “Cobalah kamu cari, walaupun hanya cincin dari besi.”

Lantas dia pergi lagi dan kembali seraya berkata; “Demi Allah wahai Rasulullah, saya tidak mendapatkan apa pun walau hanya cincin dari besi, akan tetapi, ini kain sarungku, akan kuberikan kepadanya setengahnya (sebagai maskawin)”.

Maka Rasulullah bersabda: “Apa yang dapat kamu perbuat dengan kain sarungmu? Jika kamu memakainya, dia tidak dapat memakainya, dan jika dia memakainya, kamu tidak dapat memakainya.” Oleh karena itu, laki-laki tersebut duduk termenung, setelah agak lama duduk, dia berdiri, ketika Rasulullah melihat dia hendak pergi, beliau menyuruh agar dia dipanggil untuk menemuinya. Tatkala dia datang, beliau bersabda: “Apakah kamu hafal sesuatu dari Al-Qur’an?” Dia menjawab; “Saya hafal surat ini dan ini -sambil menyebutkannya- beliau bersabda: “Apakah kamu hafal di luar kepala?” Dia menjawab; “Ya”.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved