PPPK Guru 2021

Nadiem Makarim Mengumumkan Hasil Seleksi PPPK Guru 2021 Tahap 1, 100 Ribu Guru Honorer Lulus

Nadiem mengatakan, hal itu diketahui dari hasil sementara seleksi guru PPPK tahap pertama yang berlangsung pada September 2021 ini

Editor: Wawan Perdana
tribunsumsel.com
Dari hasil sementara tahap satu, ada sekitar 100 ribu guru honorer lulus tes dan akan segera diangkat menjadi guru PPPK. 

TRIBUNSUMSEL.COM-Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim mengumumkan jumlah guru honorer yang lulus tes penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) guru tahun 2021 tahap satu.

Dari hasil sementara, ada sekitar 100 ribu guru honorer lulus tes dan akan segera diangkat menjadi guru PPPK.

Kabar hasil tes ini diumumkan Nadiem dalam rapat dengan Komisi X DPR, Kamis (23/9/2021).

Nadiem mengatakan, hal itu diketahui dari hasil sementara seleksi guru PPPK tahap pertama yang berlangsung pada September 2021 ini.

"Jadi hasilnya apa, jadi berdasarkan seleksi pertama saja ya, sekitar hampir 100.000 guru honorer dari seluruh Indonesia akan segera diangkat menjadi guru PPPK. Nah, ini mohon tepuk tangannya untuk 100.000 yang sudah lolos," kata Nadiem dalam rapat dengan Komisi X DPR, Kamis (23/9/2021).

Nadiem mengatakan, 100.000 guru honorer tersebut merupakan 30 persen dari total 326.476 formasi yang mendapatkan pelamar.

Adapun jumlah total formasi yang tersedia sebanyak 506.247 formasi.

Nadiem yakin bahwa jumlah guru honorer yang diangkat menjadi guru PPPK akan bertambah pada tes seleksi berikutnya.

"Lebih banyak lagi yang akan diangkat setelah ujian seleksi kedua dan ketiga. Alasannya banyak, mereka tentunya sudah mengetahui (materi) tes yang pertama, tes kedua biasanya akan meningkat (nilainya)," ujar Nadiem.
Menurut dia, formasi yang tersedia pada seleksi berikutnya juga akan lebih banyak karena pihaknya akan terus berupaya meyakinkan daerah-daerah untuk menyediakan formasi bagi guru PPPK.

Namun, Nadiem menegaskan, jumlah sekitar 100.000 guru honorer yang akan diangkat menjadi guru PPPK tersebut baru berdasarkan rekap awal.

Saat ini, pengolahan data hasil ujian seleksi pertama masih berlangsung dan panitia seleksi nasional masih berembuk untuk memfinalisasi hasil ujian tersebut.

"Pengumuman lengkap ujian seleksi pertama dilakukan beberapa hari ke depan," ujar Nadiem.

Baca juga: Link Download PDF KepmenPANRB No 1127 Tahun 2021 Tentang Nilai Ambang Batas PPPK Guru

Tahap 2 dan 3

Penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru Tahun 2021 berbeda dengan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Perbedaan itu mulai dari tahapan seleksi hingga pemilihan formasi.

Halaman
1234
Sumber: Kompas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved