Breaking News:

BPJS Kesehatan

Besaran Iuran BPJS Kesehatan per Masing-Masing Kelas Tahun 2021 Terbaru, Segini Setiap Bulannya

BPJS Kesehatan adalah singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan berbasis badan hukum publik yang secara langsung bertanggung jawab k

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Besaran Iuran BPJS Kesehatan per Masing-Masing Kelas Tahun 2021 Terbaru, Segini Setiap Bulannya.

BPJS Kesehatan adalah singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan berbasis badan hukum publik yang secara langsung bertanggung jawab kepada presiden dalam menyelenggarakan jaminan kesehatan nasional seluruh masyarakat Indonesia yang memiliki kartu BPJS tanpa terkecuali.

Cara kerja BPJS adalah dengan membayar iuran setiap bulannya. Jika dilihat dari gaji peserta BPJS maka iurannya adalah sebagai berikut :

1. Peserta bantuan iuran (PBI) BPJS nya di bayar oleh pemerintah

2. Pekerja penerima upah yang ditempatkan di lembaga pemerintahan diantaranya ada PNS, anggota TNI/POLRI, Pejabat pemerintahan, dan pegawai pemerintahan non PNS, membayar iuran sekitar 5% dari gaji perbulan. Aturannya adalah 4% dibayar oleh pemberi kerja dan 1% dibayar oleh peserta.

3. Pekerja yang bekerja dan menerima upah dari BUMN, BUMD, serta Swasta membayar iuran 5% dari gaji perbulannya, dengan ketentuan 4% dibayar oleh pemberi kerja dan 1 % dibayar oleh peserta.

4. Tambahan keluarga pekerja penerima upah (anak maks. 4, ayah, ibu, mertua) iuran yang harus dibayarkan adalah sebesar 1% dari gaji pekerja penerima upah.

5. Kerabat lain dari pekerja penerima upah (saudara kandung/ipar, ART, dll) adalah sebesar

a. Rp. 42.000,-00 per orang/bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan kelas III

- Khusus kelas III, bulan Juli s/d Desember adalah sebesar Rp. 25.000,-00 Sisanya sebesar Rp. 16.500 dibayarkan oleh pemerintah.

-Mulai Januari 2021, iuran bagi peserta kelas III yaitu sebesar Rp. 35.000,-00. Dan Rp. 7.000,-00 dibayarkan oleh pemerintah.

b. Bagi yang memilih pelayanan untuk ruang perawatan kelas II maka iuran yang dibayar adalah sebesar Rp. 100.000,-00 per bulan.

c. Bagi yang memilih pelayanan untuk ruang perawatan kelas I maka iuran yang dibayar adalah sebesar Rp. 150.000,-00 per bulan.

6. Veteran, perintis kemerdekaan, janda, duda, anak yatim piatu dari veteran dan perintis kemerdekaan. Iuran yang harus dibayarkan adalah sebesar 5% dari 45% dari gaji pokok PNS gol. Ruang III/a dengan masa kerja adalah 14 tahun, dibayar oleh pemerintah.

7. Setiap iuran harus dibayarkan paling lambat tanggal 10 setiap awal bulannya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved