Breaking News:

Mengenal Kecanggihan Jaringan 5G dan Cara Mengaktifkan 5G Telkomsel

Kecepatan Jaringan 5G mencakup tingkat pengguna seluler yang dapat mengunduh data ke perangkat mereka dan latensi atau kelambatan

Editor: Weni Wahyuny
TRIBUN SUMSEL/ABRIANSYAH LIBERTO
Layanan Telkomsel Di Masa Pandemi - Seorang pegawai Telkomsel memberikan salam kepada pelanggan di Grapari Telkomsel, Palembang Icon Mal, Sabtu (11/9/2021). Telkomsel dalam masa pandemi selalu memberikan pelayanan yang maksimal agar pelanggan selalu merasa nyaman dan aman. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Jaringan 5G telah resmi diluncurkan di Indonesia pada 27 Mei 2021.

Operator telekomunikasi pertama yang menjadi penyedia layanan 5G di Indonesia adalah Telkomsel.

Kecepatan Jaringan ini mencakup tingkat pengguna seluler yang dapat mengunduh data ke perangkat mereka dan latensi atau kelambatan, yang mereka alami antara mengirim dan menerima informasi.

Dikutip dari Kompas.com, hadirnya 5G bertujuan untuk memberikan kecepatan data sebesar 10 hingga 100 kali lebih cepat dari jaringan 4G yang ada saat ini.

Pengguna 5G dapat berharap bahwa kecepatan unduhan pada gigabit per detik (Gb/s), jauh lebih besar dari puluhan megabit per detik (Mb/s) kecepatan 4G.

Telkomsel Untuk Indonesia - Seorang pegawai Telkomsel memberikan sedang mencoba melayani pengantian kartu pelanggan  di Grapari Telkomsel, Palembang Icon Mal, Sabtu (11/9/2021). Telkomsel selalu memastikan ketersediaan akses jaringan broadband yang merata dan setara, menjadikan manfaat konektivitas broadband terdepan bisa menemani aktivitas digital semua lapisan masyarakat.
Telkomsel Untuk Indonesia - Seorang pegawai Telkomsel memberikan sedang mencoba melayani pengantian kartu pelanggan di Grapari Telkomsel, Palembang Icon Mal, Sabtu (11/9/2021). Telkomsel selalu memastikan ketersediaan akses jaringan broadband yang merata dan setara, menjadikan manfaat konektivitas broadband terdepan bisa menemani aktivitas digital semua lapisan masyarakat. (TRIBUN SUMSEL/ABRIANSYAH LIBERTO)

"Itu penting karena akan memungkinkan penggunaan aplikasi baru yang tidak mungkin pada hari ini," kata Harish Krishnaswamy, seorang profesor teknik elektro di Universitas Columbia di New York seperti dilansir dari live science.

"Sebagai contoh, dengan kecepatan data gigabit per detik, Anda berpotensi mengunduh film ke ponsel atau tablet Anda dalam hitungan detik. Jenis kecepatan data itu dapat memungkinkan aplikasi realitas virtual atau mobil mengemudi otonom," lanjutnya.

Selain membutuhkan kecepatan data yang tinggi, teknologi yang muncul yang berinteraksi dengan lingkungan pengguna seperti augmented reality atau mobil yang bisa mengemudi sendiri juga akan membutuhkan latensi yang sangat rendah.

Telkomsel Temani Aktivitas Digital  - Seorang sedang memotret pemandangan kota Palembang dari atas Palembang Icon Mal, Sabtu (11/9/2021). Dengan jaringan internet yang baik Telkomsel sehingga menjadikan manfaat konektivitas broadband terdepan bisa menemani aktivitas digital semua lapisan masyarakat.
Telkomsel Temani Aktivitas Digital - Seorang sedang memotret pemandangan kota Palembang dari atas Palembang Icon Mal, Sabtu (11/9/2021). Dengan jaringan internet yang baik Telkomsel sehingga menjadikan manfaat konektivitas broadband terdepan bisa menemani aktivitas digital semua lapisan masyarakat. (TRIBUN SUMSEL/ABRIANSYAH LIBERTO)

Karena alasan itu, tujuan 5G adalah untuk mencapai latensi di bawah tanda 1-milidetik. Perangkat seluler akan dapat mengirim dan menerima informasi dalam waktu kurang dari seperseribu detik.

Berikut daftar wilayah yang termasuk dalam cakupan jaringan 5G Telkomsel:

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved