Breaking News:

Menuju Herd Immunity

Apa Itu Vaksin CoronaVac? Apakah Sama dengan Sinovac? Ini Penjelasannya

Beberapa orang masih bingung apakah CoronaVac itu sama atau berbeda dengan Vaksin Sinovac. Vaksin ini telah mendapat izin penggunaan darurat dari BPOM

Editor: Wawan Perdana
Tribunsumsel.com
Beberapa orang masih bingung apakah CoronaVac itu sama atau berbeda dengan Vaksin Sinovac. Vaksin ini telah mendapat izin penggunaan darurat dari BPOM 

TRIBUNSUMSEL.COM-Pada sertifikat vaksin sejumlah orang tertulis telah dilakukan vaksinasi dosis pertama CoronaVac Covid-19. Beberapa orang masih bingung apakah CoronaVac itu sama atau berbeda dengan Vaksin Sinovac.

Perlu diketahui vaksin Sinovac adalah vaksin yang diproduksi perusahaan biofarmasi China, Sinovac BioTech.

Vaksin yang diproduksi perusahaan biofarmasi China, Sinovac BioTech ini mereknya CoronaVac.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) RI secara resmi mengeluarkan izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/EUA) untuk vaksin Covid-19 CoronaVac dari Sinovac Biotech Ltd yang bekerja sama dengan PT Bio Farma, Senin (11/1/2021).

WHO telah menerbitkan standar persyaratan EUA vaksin Covid-19 adalah terjamin tiga aspek penting yaitu khasiat, mutu, dan keamanan, dengan data hasil pemantauan selama 6 bulan mulai dari fase 1 dan 2.

Vaksin CoronaVac bertipe whole virus, yang memanfaatkan virus SARS-CoV-2 non aktif, sehingga sudah tidak bisa menginfeksi tubuh, tapi dapat memicu pembentukan imun.

Baca juga: Mengenal Vaksin Johnson & Johnson yang Baru Tiba di Indonesia, KIPI dan Efikasinya

Dari hasil uji coba, vaksin Sinovac ini mempunyai berbagai angka efikasi atau kemanjuran melawan virus yang berbeda-beda.

Dari uji coba di Brasil efikasinya sekitar 50,65 persen, di Turki mencapai 91,25 persen, dan di Indonesia sebesar 65,3 persen.

Setelah mendapatkan izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), vaksin CoronaVac mulai digunakan untuk program vaksinasi di Indonesia.

Selain Indonesia, negara-negara lain yang sudah memesan vaksin Sinovac di antaranya Brasil, Chili, Turki, Singapura, Filipina, dan Malaysia.

Adapun, efek samping vaksin Covid-19 CoronaVac dari Sinovac yang terjadi dalam kategori ringan hingga sedang ini adalah efek samping lokal atau di sekitar area suntik vaksin, seperti berikut:

- Nyeri

- Iritasi

- Pembengkakan

- Nyeri otot

- Demam

Sebagian artikel ini telah tayang di Kompas.com dan kontan

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved