Breaking News:

Berita Lahat

Cughub Tebat Juring Desa Tanjung Bulan Lahat, Ojek Wisata Air Terjun Asri di Gugusan Bukit Barisan

Satu lagi air terjun (cughub) objek wisata asri penuh pesona bisa dikunjungi di Kabupaten Lahat. Air terjun ini berada di Desa Tanjung Bulan

Editor: Vanda Rosetiati
SRIPO/EHDI AMIN
Air Terjun atau cughup Tebat Juring di Desa Tanjung Bulan, Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Lahat. 

TRIBUNSUMSEL.COM, LAHAT - Satu lagi air terjun (cughub) objek wisata penuh pesona asri penuh pesona bisa dikunjungi di Kabupaten Lahat. Air terjun ini berada di Desa Tanjung Bulan, Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Lahat.

Keindahan cughub berada di bawah Gugus Bukit Barisan dinikmati langsung Lembaga Kebudayaan dan Pariwisata Juring of Lahat, Panoramic of Lahat dan warga setempat yang sengaja mendatanginya untuk mengekplorasi keindahan tersebut.

Ketua Panoramic Of Lahat Mario Andramartic yang juga staf ahli Bupati Lahat bidang Patiwisata , mengatakan tidak saja keindahan Cughub Juring tetapi banyak hal yang menakjubkan di lokasi cughub.

Mario kemudian menceritakan perjalanannya bersama Bambang dan Bayu. Setelah menempuh perjalanan satu jam dari Kota Lahat, dengan menggunakan kendaraan roda empat ia bersama rekanya tiba di desa Tanjung Bulan.

Kedatangan rombongan di kediaman sang Kepala Desa Hamidi disambut Ketua BPD juga perangkat desa. Tak lupa opi hangat ikut menyambut kedatangan Mario .

Setelah kopi habis tersedu, ia bersama rekan dan warga desa kemudian memulai perjalanan ke cughub menuju arah Selatan desa atau ke arah Bukit Barisan yang terlihat berjajar berwarna hijau membentang panjang. Berkendara motor perjalanan menyusuri jalan setapak yang telah di cor beton sejauh 1,5 km melintasi persawahan dan perkebunan kopi dengan kontur jalan sedikit menanjak.

Tiba di salah satu pondok warga, kendaraanpun diparkirkan dan perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki dengan menyusuri kebun kopi sekitar 200 meter. Cuaca sedikit mendung dan tidak panas ditambah sejuknya udara di kawasan ini membuat perjalanan menyenangkan dan tidak terlalu melelahkan.

"Kamipun akhir melihat langsung keindahan cughub Juring. Ciptaan Sang kuasa yang begitu asri dan indah, "ujar Mario, Jumat (10/9/2021).

Baca juga: Tradisi Menangkap Ikan Pakai Lumpatan di Empat Lawang, Habiskan Uang Hingga Rp 50 Juta

Disampaikanya, Cughup Tebat Juring memiliki ketinggian sekitar 25 meter berada di ketinggian 1.130 mdpl di kawasan Lawang Juring. Cughup ini masih natural, belum diexplore dan diexpose.

Beberapa perangkat desa dan masyarakat Desa Tanjung Bulan bahkan belum pernah datang dan melihat langsung ke cughup ini. Di area cughup masih sangat rindang dengan pohon-pohon seperti pohon kunyit, serian, pasang pelemai, cemare udang, lasi, puar, paku simpai dan pacar air dengan bunga berwarna kuning yang tumbuh di dinding air terjun dan menambah keindahan cughup yang berair jernih.

Di area inipun masih hidup berbagai jenis hewan seperti biawak, monyet, beruk, simpai, babi, landak dan ular. Dari Cughup Tebat Juring dapat melihat persawahan dan perkampungan desa Tanjung Bulan. Duduk disini menikmati keindahan air terjun, hambaran perkebunan dan persawahan sembari menikmati makanan kecil dan melepas dahaga seolah membuat mata enggan berkedip.

Di bawah Cughup Tebat Juring sejauh 50 meter terdapat sebuah cughup yang disebut Cughup Anak dengan tinggi sekitar 5 meter di ketinggian 999 mdpl. Di seputaran cughup ini sudah ditanami dengan pohon kopi.  "Sangat berkesan. Bagi pecinta wisata ayo datang ke Lahat dan kunjungi Cughup Juring," ajaknya. (sp/ehdi)

Baca berita lainnya langsung dari google news

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved