Breaking News:

Menuju Herd Immunity

Penjelasan Arti KIPI, Ini Bentuk KIPI Ringan Hingga Sedang Mungkin Dialami Pasca Vaksinasi Covid

KIPI adalah semua kejadian medik yang terjadi setelah imunisasi, menjadi perhatian dan diduga berhubungan dengan imunisasi. Dalam hal vaksinasi Covid

Editor: Wawan Perdana
Tribunsumsel.com
KIPI adalah singkatan dari Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi. KIPI adalah semua kejadian medik yang terjadi setelah imunisasi, menjadi perhatian dan diduga berhubungan dengan imunisasi. 

TRIBUNSUMSEL.COM-istilah KIPI saat ini semakin sering didengar seiring dengan makin gencarnya vaksinasi Covid-19. KIPI adalah singkatan dari Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi.

KIPI adalah semua kejadian medik yang terjadi setelah imunisasi, menjadi perhatian dan diduga berhubungan dengan imunisasi. Dalam hal vaksinasi Covid-19, maka semua kejadian medik yang terjadi setelah disuntik vaksin Covid.

Tidak semua orang yang divaksinasi COVID-19 mengalami reaksi atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Jika muncul reaksi atau KIPI, itu adalah sesuatu yang wajar.

Ingat, KIPI atau reaksi yang muncul setelah vaksinasi jauh lebih ringan dibandingkan terkena COVID-19 atau komplikasi yang disebabkan oleh virus COVID-19.

Para ahli sepakat bahwa vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan (3M) adalah cara yang paling tepat untuk keluar dari pandemi ini

Vaksin bertujuan memberikan kekebalan tubuh tanpa harus terkena penyakit. Kekebalan tubuh dapat terbangun tanpa berbagai reaksi, namum terdapat pula beberapa gejala KIPI umum, yang ringan hingga sedang, dan akan hilang dengan sendirinya dalam hitungan hari.

Beberapa bentuk KIPI ringan hingga sedang yang mungkin dialami pasca vaksinasi adalah:

1. Rasa pegal di sekitar area suntik
2. Demam ringan
3. Rasa lelah
4. Sakit kepala
5. Pegal pada otot atau sendi
6. Menggigil
7. Diare

Apabila tubuh mengalami reaksi setelah vaksinasi, maka lakukan hal berikut ini :

1. Tetap tenang
2. Jika terjadi reaksi seperti nyeri, bengkak atau kemerahan di tempat suntikan, kompres dengan air dingin pada lokasi tersebut
3. Jika terjadi demam, kompres dengan air hangat/mandi dengan air hangat, perbanyak minum air putih dan istirahat.
4. Jika dibutuhkan, minum obat sesuai anjuran petugas kesehatan.
5. Segera hubungi petugas kesehatan jika gejala berlangsung lebih dari tiga hari atau jika terjadi reaksi yang lebih berat.

Baca juga: KIPI Vaksin Covid-19, Prof Yuwono: AstraZeneca Paling Banyak Kehati-hatiannya

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved