Breaking News:

Berita Palembang

KIPI Vaksin Covid-19, Prof Yuwono: AstraZeneca Paling Banyak Kehati-hatiannya

Ahli Mikrobiologi Prof Dr dr Yuwono M Biomed, KIPI ini bisa saja berhubungan dengan vaksin tapi bisa juga tidak berhubungan dengan vaksin.

TRIBUNSUMSEL.COM/LINDA
Ahli Mikrobiologi Prof Dr dr Yuwono M Biomed, KIPI ini bisa saja berhubungan dengan vaksin tapi bisa juga tidak berhubungan dengan vaksin 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Linda Trisnawati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Pasca vaksinasi Covid-19 beberapa orang bisa saja mengalami efek samping atau yang disebut Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), dengan reaksi yang berbeda-beda. 

Menurut Ahli Mikrobiologi Prof Dr dr Yuwono M Biomed, KIPI ini bisa saja berhubungan dengan vaksin tapi bisa juga tidak berhubungan dengan vaksin.

"Misal sudah tahu mau vaksin dia begadang, kurang tidur. Lalu nggak makan sebelum vaksin dan akibatnya setelah divaksin ada yang sampai pingsan," kata Profesor Yuwono, Kamis (2/9/2021).

Lebih lanjut ia mengatakan, itu tetap disebut KIPI tapi bukan karena vaksin.

Jadi itu akibat dari orangnya, yang kurang tidur dan tidak makan sebelum vaksin.

Sedangkan kalau yang berhubungan dengan vaksin baru itu disebut efek samping.

Maka yang mungkin bisa terjadi akibat efek dari vaksin juga berbeda-beda.

"Kalau di Indonesia kita menggunakan vaksin Sinovac, Sinopharm, Moderna dan AstraZeneca. Kalau untuk Sinovac itu virus utuh yang dilemahkan, maka paling sedikit menimbulkan efek," katanya.

Masih kata Profesor Yuwono, efek sampingnya seperti alergi, nyeri ditempat suntikan, demam, bertambahnya nafsu makan dan lain-lain.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved