Breaking News:

Berita Nasional

Mengenal Sosok Senat Soll, Pecatan TNI yang Jadi Tokoh KKB Papua Berhasil Ditangkap

Aparat keamanan berhasil menangkap Senat Soll (25), tokoh KKB Yahukimo, yang merupakan pecatan TNI. Penangkapan dilakukan di Jalan Samaru, Distrik Dek

Editor: Siemen Martin

TRIBUNSUMSEL.COM - Satu persatu teroris di Papua dibekuk aparat keamanan.

Aparat keamanan berhasil menangkap Senat Soll (25), tokoh KKB Yahukimo, yang merupakan pecatan TNI. Penangkapan dilakukan di Jalan Samaru, Distrik Dekai, Kamis (2/9/2021) sekitar pukul 05.00 WIT.

Nama Senat Soll mulai menjadi sorotan setelah dia menjadi tersangka pembunuhan staf KPUD Yahukimo, Hendry Jovinski, di Distrik Dekai, pada 11 Agustus 2020.

Namun ternyata selain kasus itu, Senat Soll tercatat melakukan banyak kejahatan.

"Ada 12 laporan polisi terkait Senat Soll, tapi ia hanya dimasukan dalam empat DPO (daftar pencarian orang)," ujar Direskrimum Polda Papua, Kombes Faisal Ramadhani di Jayapura, Kamis (2/9/2021). 

Kasus pertama Senat Soll terjadi saat dia masih aktif menjadi anggota TNI pada 2018. Pada 10 September 2018, aparat keamanan menagkap Ruben Wakla di Bandara Moses Kilangin karena diketahui membawa 165 butir amunisi.

Setelah didalami, Ruben Wakla membeli amunisi tersebut dari Senat Soll yang kemudian melarikan diri dan melakukan desersi.

"Senat Soll dari Timika lari ke Yahukimo, dia memang orang asli Yahukimo," kata Faisal.

Artikel ini telah tayang di Kompas

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved