Breaking News:

Pusri Gelar Bakti Sosial Donor Darah dan Skrinning Donor Konvalesen

PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI)

Editor: Prawira Maulana
PUSRI
PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palembang dan Graha Pusri Medika melaksanakan Bakti Sosial Donor Darah di Gedung Serba Guna Pusri (23/08). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG – PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palembang dan Graha Pusri Medika melaksanakan Bakti Sosial Donor Darah di Gedung Serba Guna Pusri (23/08).

Kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh Pusri yang diikuti oleh karyawan,keluarga besar Pusri dan juga masyarakat umum. “Kami rutin mengadakan kegiatan bakti sosial dan donor darah, yaitu sebanyak 3 kali dalam satu tahun. Dua diantaranya pada saat Bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) dan pada saat memperingati HUT Pusri di Bulan Desember mendatang”, jelas VP K3 Pusri , Andri Wibawa Syarip.

Adapun target dari bakti sosial donor darah ini yaitu sebanyak 250 (dua ratus lima puluh) orang pendonor. “Dalam pelaksanaannya kami tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dan pada kesempatan ini kami juga melaksanakan skrinning donor plasma konvalesen”, ujar Andri.

Plasma Konvalesen merupakan plasma (cairan darah) yang mengandung antibody COVID-19 yang berasal dari pasien yang sudah dinyatakan sembuh dari COVID-19 dan dapat membantu meningkatkan antibody dan menurunkan jumlah virus (antigen COVID-19) pada penderita COVID-19.

Terkait mekanisme pendaftaran dilakukan melalui link Formulir Donor Darah PT Pusri Palembang, yang disebarkan kepada seluruh karyawan/ti Pusri beberapa hari sebelumnya. Waktu donor darah diatur dalam formulir pendaftaran tersebut. Setiap sesi hanya diperbolehkan 60 (enam puluh) orang calon pendonor, sehingga kondisi tertib dan physical distancing tetap berjalan dengan baik.

Sedangkan untuk calon pendonor plasma konvalesen juga harus memenuhi syarat yang telah ditetapkan, serta mengisi informasi pada formulir tentang pernyataan. Diantaranya pernah dinyatakan COVID-19 dalam kurun waktu tiga bulan terakhir, pertanyaan terkait kesediaan untuk mendonorkan plasma konvalesen dan menandatangani Informed Consent.

Tujuan dilakukannya skrining donor plasma konvalesen adalah untuk membantu program pemerintah, khususnya yang ditugaskan melalui Kementerian BUMN, untuk mencari pendonor plasma konvalesen dari para penyintas. “Hal ini sebagai bentuk partisipasi Pusri dalam memenuhi kebutuhan plasma konvalesen yang digunakan sebagai salah satu cara untuk penyembuhan pasien Covid-19”, tutur Andri.

Selain membantu sesama yang membutuhkan transfusi darah, donor darah memiliki manfaat lain diantaranya menurunkan risiko terkena penyakit jantung, kolesterol, kanker, membakar kalori, membuat pikiran jadi lebih stabil dan meningkatkan produksi sel darah merah. Setetes darah anda, nyawa bagi sesama.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved