Breaking News:

Darurat Covid 19

Covid-19 Bakal Jadi Endemi, Apa Bedanya dengan Pandemi? Ini Penjelasan dan Contohnya

Endemi, pandemi dan epidemi adalah istilah yang digunakan untuk penyebaran suatu penyakit. Covid-19 diprediksi akan jadi endemi

Editor: Wawan Perdana
Tribunsumsel.com
Endemi, pandemi dan epidemi adalah istilah yang digunakan untuk penyebaran suatu penyakit. Covid-19 diprediksi akan jadi endemi 

TRIBUNSUMSEL.COM-World Health Organization (WHO) memutuskan COVID-19 sebagai pandemi global pada 11 Maret 2020. Dalam perjalanannya, virus ini diprediksi tidak akan hilang dalam waktu dekat.

Baru-baru ini ahli virus dari 23 negara sepakat bahwa pandemi Covid-19 akan berubah menjadi endemi.

Mengapa Covid-19 jadi pandemi? Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melihat, meskipun dunia mengerahkan segala upaya untuk menghentikan penyebaran pandemi, virus tersebut masih ada dan bermutasi.

Mungkin masih ada yang belum mengerti perbedaan pandemi dan endemi. Berikut ini penjelasannya :

Endemi, pandemi dan epidemi adalah istilah yang digunakan untuk penyebaran suatu penyakit.

Ada beberapa tingkatan yang terjadi. Penyakit endemi berkembang menjadi epidemi. Jika penyebarannya meluas hingga seluruh dunia, maka itu disebut pandemi.

Berikut ini penjelasan perbedaan endemi, epidemi dan pandemi dikutip dari ners.unair.ac.id:

Baca juga: Mengenal Brain Fog, Penyebabnya Pada Pasien Covid-19, Jadi Pelupa dan Sulit Konsentrasi Usai Isoman

Endemi

Endemi adalah penyakit yang muncul dan menjadi karakteristik di wilayah tertentu, misalnya penyakit malaria di Papua. Contoh penyakit lainnya di Indonesia yaitu Demam Berdarah Dengue (DBD). Penyakit ini akan selalu ada di daerah tersebut, namun dengan frekuensi atau jumlah kasus yang rendah.

Epidemi

Epidemi terjadi ketika suatu penyakit telah menyebar dengan cepat ke wilayah atau negara tertentu dan mulai memengaruhi populasi penduduk di wilayah atau negara tersebut. Contoh penyakitnya ada Virus Ebola di Republik Demokratik Kongo (DRC) pada 2019, flu burung (H5N1) di Indonesia pada 2012, SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) pada tahun 2003, penyakit Ebola di Negara Afrika.

Pandemi

Pandemi adalah wabah penyakit yang terjadi serempak dimana-mana, meliputi daerah geografis yang luas (seluruh Negara/benua). Dengan kata lain, penyakit ini sudah menjadi masalah bersama bagi seluruh warga dunia. Contoh penyakit pandemi: HIV/AIDS dan COVID-19. Influenza juga dahulu pernah menjadi penyakit kategori pandemi dan menyebar seluruh dunia.

Sebagian artikel tayang di kompas

Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved