Breaking News:

Tips Perawatan Mobil

Apa Itu Overheat? Bisa Terjadi Pada Mesin Mobil dan Motor, Ini Penyebab dan Akibatnya

Kondisi overheat sangat berbahaya. Efeknya akan sangat banyak mulai dari kerusakan mesin hingga mengakibatkan terjadinya kebakaran

Editor: Wawan Perdana
Tribunsumsel.com
Kondisi overheat sangat berbahaya. Efeknya akan sangat banyak mulai dari kerusakan mesin hingga mengakibatkan terjadinya kebakaran 

TRIBUNSUMSEL.COM-Apa itu overheat? bisa terjadi pada mesin motor dan mobil. Overheat adalah kondisi panas berlebih pada mesin atau dapur pacu kendaraan. Biasanya ini terjadi karena sistem pendingin bermasalah.

Bukan hanya mobil, overheat bisa terjadi di motor apabila sistem pendingin tidak berjalan semestinya.

Kondisi ini tentu sangat berbahaya. Efeknya akan sangat banyak mulai dari kerusakan mesin hingga mengakibatkan terjadinya kebakaran.

Oleh sebab itu, pemilik kendaraan harus mengeceka secara rutin sistem pendingin mesin. Jangan sampai ada masalah hingga menganggu perjalanan atau bahkan merusak kendaraan.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan, naiknya indikator suhu mesin menandakan adanya malfungsi pada sistem pendinginan.

Pada kondisi ini ada beberapa kemungkinan bisa saja terjadi hingga menyebabkan panas mesin meningkat.

“Seperti ada bagian radiator yang bocor atau ada yang tersumbat. Mungkin juga penyebab lainnya karena permasalahan pada tutup radiator,” ujar Didi.

Baca juga: Tutup Radiator Bisa Bikin Mesin Mobil Rusak atau Overheat, Ini Penjelasan Ahli

Saat kendaraan mengalami overheat, Didi menyarankan, sebaiknya pengemudi segera menepikan mobil dan menunggu sampai suhu mesin kembali normal atau turun.

“Setelah itu bisa dilakukan pengecekan pada setiap bagiannya. Pengecekan bisa dilakukan ke bengkel yang terdekat untuk mengetahui permasalahannya,” ucapnya.

Pemilik bengkel spesialis radiator Prayoga Angga (30) mengatakan, tutup radiator memiliki fungsi untuk menjaga agar radiator tidak panas saat mesin hidup.

Halaman
12
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved