Breaking News:

Berita Covid

Dibawah Komando Luhut, Kasus Covid di Pulau Jawa dan Bali Turun 50 Persen, Ini Kata Epidemiolog

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, angka kasus harian Covid-19 di Jawa dan Bali turun sebesar 50

Editor: Siemen Martin
Youtube Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, angka kasus harian Covid-19 di Jawa dan Bali turun sebesar 50 persen dari puncak kasus Covid-19 pada 15 Juli 2021. 

TRIBUNSUMSEL.COM - Menko Luhut mengklaim berkat strategi yang dilakukan oleh pemerintah membuat angka kasus covid-19 harian menurun hingga 50 persen.

Epidemiolog menyebut saat ini Indonesia sedang memasuki puncak pandemi Covid-19 dan angka kasus kematian diprediksi akan memuncak pada pertengahan Agustus ini.

Di sisi lain, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, angka kasus harian Covid-19 di Jawa dan Bali turun sebesar 50 persen dari puncak kasus Covid-19 pada 15 Juli 2021.

"Kalau kita lihat, sejak puncaknya pada 15 Juli 2021, sampai dengan hari ini menunjukkan penurunan, angkanya itu sudah 50 persen. Ini saya kira memberikan harapan yang bagus tapi kita tetap harus berhati-hati karena menghadapi varian delta ini," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Senin (2/8/2021).

Benarkah kasus Covid-19 harian menurun, atau testingnya yang menurun?

Epidemiolog dari Griffith University, Dicky Budiman mengatakan bahwa kasus harian yang dilaporkan menurun karena testing yang dilakukan juga menurun.

Hal tersebut dibuktikan dengan masih tingginya tingkat positivity rate di Indonesia.

"Jadi kasus harian enggak turun," kata Dicky kepada Kompas.com, Selasa (3/8/2021).

Dari data Puskesmas di Jawa Barat, Dicky berkata, untuk mendapatkan obat Covid-19 masyarakat harus melakukan tes PCR sendiri.

Dia mengungkapkan, hal itu sudah menunjukkan bahwa kasus Covid-19 banyak terjadi di masyarakat tetapi akses testing sangat minim dan strategi testing pasif.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved