Breaking News:

Akidi Tio Sumbang 2 Triliun ke Sumsel

Soal Donasi Rp 2 Triliun dari Akidi Tio, Gubernur Sumsel: Kalau Saya yang Ditawari untuk Bangun RS

Gubernur Sumsel Herman Deru menanggapi tentang adanya bantuan Rp 2 Triliun dari Keluarga Akidi. Ia menegaskan bantuan diberikan kepada Eko Indra Heri

Penulis: Linda Trisnawati | Editor: Yohanes Tri Nugroho
LINDA
Gubernur Sumsel Herman Deru merespon tentang adanya bantuan Rp 2 Triliun untuk Sumsel dari Keluarga Akidi. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Keluarga Akidi Tio memberikan bantuan Rp 2 Triliun untuk masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel), melalui Irjen. Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri. 

Bantuan tersebut diberikan langsung oleh anak bungsu dari Akidi Tio yang bernama Heriyanti didampingi Prof dr Hardi Darmawan yang merupakan dokter Keluarga Alm Akidi Tio.

Ketika Tribun Sumsel memintak komentar Gubernur Sumsel Herman Deru tentang adanya bantuan Rp 2 Triliun dari Keluarga Akidi, menurutnya bantuan tersebut diberikan kepada Eko Indra Heri.

"Saya hanya menyaksikan, bahwa itu keluarga yang dekat dengan Kapolda. Dalam hal ini pribadi Eko Indra Heri. Saya hanya menyaksikan, soal nanti digunakan untuk apa ya tergantung yang memberikaan dan yang menerima," kata Deru saat diwawancarai di Kantor Gubernur Sumsel, Selasa (27/7/2021).

Lebih lanjut, ia mengatakan yang memberikan keluarga Akidi dan yang menerimanya Irjen. Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri, sebagai pribadi bukan sebagai Kapolda.

Jadi jangan salah penafsirannya.

"Lalu ia orang Palembang, kebetulan anaknya bernama Johan atau Ahong itu merantau ke Aceh Timur berjualan minuman limun. Disitulah perkenalan awal Eko Indra Heri sebagai Perwira Pertama yang bertugas di sana," ceritanya.

Masih kata Deru, dari pertemuan tersebut berjalan keakraban antar warga Sumatera Selatan (Sumsel) di perantauan yang jauh saat itu, wajar saja timbul ikatan batin hingga ke keluarganya. 

"Sampai disitu ternyata pada 2009 Akidi ninggal, lalu temannya Kapolda itu juga meninggal. Tapi hubungannya tetap berlanjut," katanya 

Menurut Deru, anak dari Akidi ini ada tujuh orang dan satu sudah meninggal.

Jadi tinggal enam, Keenam inilah yang memberikan bantuan tersebut.

"Dipilih Eko karena dekat. Saya juga tidak tahu apakah uangnya sudah ditransfer atau belum," katanya.

Baca juga: Bagaimana Cara Transfer Uang 2 Triliun dari Keluarga Akidi Tio ke Penerima, Ini Kata Bank Indonesia

Masih kata Deru, kalaupun pemda atas keinginan keluarga yang memberikan diminta pendapat apa yang bisa dilakukan dalam penanganan covid maupun Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), maka akan disiapkan datanya. 

"Tapi tidak melalui saya gubernur Sumsel ataupun pribadi saya Herman Deru dan juga tidak masuk ke kas pemda. Kalau dia nawari dengan aku ya bangun rumah sakit,  yang tidak kalah dengan Singapore," katanya singkat

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved