Breaking News:

Berita Muratara

Tambang Emas Ilegal Bikin Sungai Keruh di Muratara Masih Ada, Polisi Turun Lagi

Polisi kembali menindak tambang emas rakyat di bantaran Sungai Tiku di Desa Muara Tiku, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara. 

Penulis: Rahmat Aizullah | Editor: Yohanes Tri Nugroho
Humas Polres Muratara
Polisi kembali menindak tambang emas rakyat di bantaran Sungai Tiku di Desa Muara Tiku, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Musi Rawas Utara, Jumat (23/7/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA - Polisi kembali menindak tambang emas rakyat di bantaran Sungai Tiku di Desa Muara Tiku, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara). 

Sebagaimana diketahui, aktivitas dari tambang emas ilegal itu mengakibatkan kerusakan lingkungan yakni membuat sungai menjadi keruh. 

"Hari ini kami turun lagi, ini giat yang kedua kalinya, giat sebelumnya belum maksimal," kata Kasat Reskrim Polres Musi Rawas Utara, AKP Dedi Rahmad Hidayat, Jumat (23/7/2021). 

Dedi menegaskan, penindakan tersebut akan terus dilakukan untuk menjaga agar sungai kembali jernih, sehingga dapat digunakan oleh masyarakat. 

Operasi penindakan kali ini, polisi menurunkan beberapa personel, terdiri dari anggota Sat Reskrim dan Sat Intelkam Polres Musi Rawas Utara serta dibantu Brimob Polda Sumsel. 

Tim gabungan berangkat menuju lokasi tambang melalui jalur sungai dengan menggunakan 3 perahu ketek. 

Tim menemukan beberapa pondok dan alat-alat tambang, namun tidak ditemukan para penambangnya. 

"Operasi kali ini juga belum dapat membuahkan hasil yang maksimal. Diduga karena telah ada yang membocorkan," kata Dedi. 

Baca juga: Nyaris Perang Antar Kampung, Ini Bunyi Perdamaian Warga Muara Kulam dan Pulau Kidak di Muratara

Alhasil, tim gabungan hanya bisa mengamankan barang bukti berupa 2 unit mesin genset, 2 buah alat dulang emas, dan 1 unit mesin dompeng.

"Operasi berikutnya kami akan usahakan jangan sampai bocor lagi supaya hasilnya maksimal. Mudah-mudahan para penambang sadar bahwa kegiatan mereka merugikan orang banyak," ujar Dedi.

Untuk diketahui, operasi ini dipimpin Kasat Reskrim AKP Dedi Rahmat Hidayat, Kasat Intelkam Iptu Novidilhan, Kasi Humas AKP Rahmad Kusnedi, KBO Reskrim Iptu Deni, dan Kanit 1 Sospol, Iptu Rodiman

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved